DetikNews
Jumat 24 Mei 2019, 05:05 WIB

Takut Batalkan Puasa, Bangsring Underwater Tawarkan Diving Malam

Ardian Fanani - detikNews
Takut Batalkan Puasa, Bangsring Underwater Tawarkan Diving Malam Para penyelam sedang siap-siap diving malam/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Ramadhan tidak menjadi penghalang bagi mereka yang hobi menyelam atau diving. Karena hobi tersebut bisa dilakukan pada malam hari saat mereka tidak berpuasa.

Seperti di Wisata Bangsring Underwater yang menyediakan tantangan baru untuk berwisata. Pantai yang terletak di desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi itu menawarkan sensasi menyelam dan menikmati keindahan bawah laut pada malam hari.

Bagi pencinta diving, akan gatal rasanya jika selama Ramadhan tidak main ke laut. Untuk menyiasati itu, para diver melakukan aktivitas di dalam air pada malam hari.

"Kalau kita lakukan pada siang hari ya membatalkan puasa. Makanya kita lakukan malam hari," ujar Pengelola Bangsring Underwater, Ikhwan Arief kepada detikcom, Kamis (24/5/2019) malam.


Untuk alat selam, kata Ikhwan, sama seperti menyelam pada siang hari. Namun ada tambahan berupa lampu sorot/senter, untuk memerangi spot-spot yang dikunjungi.

Suasana bawah laut, kata Ikhwan, lebih menarik pada malam hari. Terumbu karang dan warna-warni ikan hias tampak apik saat tersorot lampu yang dibawa penyelam. Belum lagi, penyelam juga bisa melihat ikan-ikan yang jarang muncul pada siang hari.

"Banyak ikan dan terumbu karang lebih cantik saat tersorot lampu. Ada pula jenis ikan yang tak ada saat siang hari muncul disela-sela karang," tambahnya.


Saat malam hari, kata Ikhwan, gerakan ikan juga tidak terlalu gesit. Ikan-ikan banyak yang sembunyi di dalam terumbu-terumbu karang. Sehingga saat mengamati keindahan bawah laut terasa lebih detail.

"Saat kita dekati mereka hanya diam. Beda kalau siang hari, ikan kita dekati pasti langsung kabur," tambahnya.

Ada pula sensasi berenang dengan hiu saat malam hari. Sekumpulan hiu terkadang juga muncul pada malam hari. Hiu-hiu berukuran kecil itu biasa mencari mangsa ikan kecil di sekitar terumbu karang. Ada pula ikan badut yang cantik, lobster yang berwarna saat disorot lampu hingga belut laut pun muncul.

"Banyak yang tidak kita temukan pada diving di siang hari, sementara saat malam muncul. Kami tidak dalam konteks mengganggu habitat, mereka tetap lestari dan kita tidak merusak habitat yang ada. Jika ingin mencoba sensasi diving pada malam hari silahkan datang ke Banyuwangi. Anda pasti ingin kembali," pungkas Ikhwan.
(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed