detikNews
Jumat 24 Mei 2019, 03:24 WIB

Agar Mudik Lancar, Proyek di Jalur Pacitan-Ponorogo Disetop H-7

Purwo S - detikNews
Agar Mudik Lancar, Proyek di Jalur Pacitan-Ponorogo Disetop H-7 Proyek jalan di Pacitan/Foto: Purwo S
Pacitan - UPT Balai Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (BPJ) Jatim di Pacitan memastikan, proyek di jalur Pacitan-Ponorogo akan disetop sementara. Itu dilakukan agar proyek tidak mengganggu arus Mudik Lebaran.

Jalur yang dimaksud yakni jurusan Pacitan-Ponorogo dan Pacitan-Nawangan-Purwantoro (Jateng). Kebijakan itu berlaku sejak H-7 hingga H+7 Lebaran.

"Kita ada paket pembuatan saluran di situ (jalur Pacitan-Ponorogo) dekat perbatasan sepanjang 100 meter. Sekarang pengerjaan. Nanti H-7 dihentikan," kata Kabid Jalan dan Jembatan Budi Hari Santoso, Jumat (24/5/2019).

Untuk mendukung kelancaran Mudik, lanjut Budi Hari, material sisa pembangunan juga akan dibersihkan. Intinya, selama Lebaran dipastikan tak ada aktivitas proyek di sepanjang jalur Mudik.

Kebijakan yang sama juga akan diberlakukan di jalan provinsi lain. Yakni jalur Pacitan-Purwantoro-Wonogiri, Jateng via Kecamatan Nawangan.

Di jalur sepanjang 50 kilometer lebih itu juga terdapat beberapa titik proyek. Umumnya berupa pekerjaan pelebaran jalan. Pekerjaan fisik di titik-titik tersebut akan turut dihentikan sejak H-7.


"(Material) bekas keprasan itu diambil. Nanti bersih lagi. Nanti habis H+7 (proyek) dilanjutkan," papar Budi Hari.

Pantauan detikcom di jalur Pacitan-Ponorogo, kondisinya cukup bagus. Lapisan aspal relatif mulus lengkap dengan rambu. Hanya saja, pengemudi wajib menjaga laju kendaraan terutama saat melintasi tikungan tajam.

Kini mengemudi melalui jalur Pacitan-Purwantoro akan terasa lebih lega. Itu karena ada pelebaran pada beberapa ruas, mulai Kecamatan Arjosari hingga Nawangan. Hanya saja, banyaknya kelokan dan turunan ekstrem mengharuskan pengguna jalan ekstra hati-hati saat melintasi jalur tersebut.
(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed