DetikNews
Kamis 23 Mei 2019, 10:35 WIB

Ingat, Dua Pasar Tumpah di Pasuruan Ini Kerap Macet Saat Arus Mudik

Muhajir Arifin - detikNews
Ingat, Dua Pasar Tumpah di Pasuruan Ini Kerap Macet Saat Arus Mudik Jalan di Pasar Wonorejo kerap macet saat arus mudik/Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Dua pasar tumpah di Pasuruan merupakan lokasi rawan macet saat Mudik Lebaran. Pemudik yang berniat melintasi dua titik ini bisa mempertimbangkan jalur lain.

Dua pasar tumpah yang dimaksud yakni Pasar Ngopak dan Pasar Wonorejo. Pasar Ngopak berada di jalur pantura Jalan Raya Ngopak, Kecamatan Grati. Sedangkan Pasar Wonorejo di Jalan Umum Wonorejo, Kecamatan Wonorejo, yang menghubungkan Kota Pasuruan dan Purwosari.


"Pasar Ngopak menjadi perhatian kita saat Mudik karena juga tepat di pertigaan ramai. Saat musim Mudik, kita sudah siapkan rekayasa dengan memasang tali di pertigaan. Kendaraan dari Surabaya yang akan masuk ke Winongan kita arahkan dulu ke timur dan putar balik di U-turn sebelum perlintasan KA Mangkrengan. Tujuannya agar kendaraan tak menumpuk di pertigaan," kata KBO Satlantas Polresta Pasuruan Iptu Yudi Prasetyo, Kamis (23/5/2019).

Jika kepadatan meningkat, kendaraan jarak jauh bisa lewat tol atau masuk ke jalur alternatif Winongan. "Tapi berdasarkan analisa kita, kemacetan masih bisa diatasi dengan rekayasa lalin," imbuh Yudi.


Kondisi tak jauh beda juga rawan terjadi di Pasar Wonorejo. Selain tumpahan pembeli, kemacetan di lokasi itu juga terjadi karena adanya pertigaan.

Jika terjadi kemacetan parah di jalur menuju Malang, pemudik bisa memilih masuk tol lewat gerbang Bukir, Pasuruan.
(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed