DetikNews
Rabu 22 Mei 2019, 15:55 WIB

Massa Ratu Adil Aksi Damai di Surabaya, Doakan 6 Korban Tewas di Jakarta

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Massa Ratu Adil Aksi Damai di Surabaya, Doakan 6 Korban Tewas di Jakarta Foto: Deny Prastyo Utomo
FOKUS BERITA: Aksi 22 Mei
Surabaya - Puluhan orang yang mengatasnamakan Kelompok Ratu Adil melakukan aksi damai di depan Gedung KPU Kota Surabaya, Jalan Adityawarman. Mereka melakukan orasi dan berdoa.

Mereka beraksi dengan membawa sejumlah atribut. Seperti Bendera Merah Putih dan poster dengan berbagai tulisan. Salah satunya poster bertuliskan 'Aksi Keprihatinan dan Ungkapan Bela Sungkawa Masyarakat Surabaya Untuk Pahlawan Pemilu'. Mereka menyampaikan aspirasi dengan berjajar di pedestrian depan KPU Surabaya.

"Pemilu itu sakral, mengapa, karena di situ proses kemerdekaan rakyat. Maka siapapun, anaknya siapa, suku apapun, tidak berlaku kecuali jujur dan adil," kata salah satu orator saat menyampaikan aspirasinya di depan Kantor KPU Kota Surabaya, Jalan Adityawarman, Rabu (22/5/2019).

Koordinator aksi dari Ratu Adil, Tri Susanti menyampaikan, selain melakukan orasi, pihaknya juga mengelar doa bersama untuk enam korban meninggal dalam aksi 22 Mei di Jakarta. Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan ada 6 orang yang meninggal dalam aksi 22 Mei di ibu kota.


Massa Ratu Adil Aksi Damai di Surabaya, Doakan 6 Korban Tewas di Jakarta Foto: Deny Prastyo Utomo


"Selain kita melakukan orasi di depan Kantor KPU Kota Surabaya, kita juga akan mengelar doa bersama kepada enam orang yang meninggal di Jakarta," kata Tri Susanti.

Akibat aksi tersebut, kantor KPU Kota Surabaya kini dilindungi kawat berduri. Kemudian sejumlah petugas keamanan dari Polrestabes Surabaya, Satpol PP dan Linmas Kota Surabaya juga sudah bersiaga. Termasuk satu mobil water canon yang juga sudah siaga di lokasi.

Seperti pantauan detikcom, unjuk rasa tersebut mencuri perhatian para pengguna jalan. Aksi tersebut tidak mengganggu lalu lintas karena digelar di pedestrian jalan.


(sun/bdh)
FOKUS BERITA: Aksi 22 Mei
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed