DetikNews
Rabu 22 Mei 2019, 13:03 WIB

Jalur Mudik Jombang Sepanjang 32 Km Rawan Macet

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jombang - Kemacetan saat arus mudik lebaran rutin terjadi di beberapa titik jalur nasional Jombang. Para pemudik diimbau menghindari titik rawan kemacetan di jalur dengan panjang sekitar 32 Km tersebut.

Kepala Unit Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli (Turjawali) Satlantas Polres Jombang Iptu Mulyani mengatakan, titik rawan macet pertama di jalur nasional Kecamatan Mojoagung. Di jalur ini terdapat 3 jembatan yang membuat jalur menyempit dari 4 lajur menjadi 2 lajur.

Meliputi Jembatan Miagan, Kali Gunting dan Jembatan Gambiran. Seperti jalur dari arah Surabaya menuju ke Jombang Kota semula 2 lajur, pada titik jembatan tersebut menjadi 1 lajur saja. Sehingga kendaraan roda 4 atau lebih harus melintas bergantian.

"Di wilayah Bandar Kedungmulyo juga rawan kemacetan," kata Mulyani kepada detikcom, Rabu (22/5/2019).

Faktor penyebab kemacetan di wilayah ini, kata Mulyani, tergolong cukup kompleks. Di jalan nasional ini terdapat penyempitan jalur akibat adanya 4 jembatan, yaitu dari 4 lajur menjadi hanya 2 lajur. Mulai dari Jembatan Kayen, Bandar, Braan, hingga Jembatan Kertosono.


Selain itu, terdapat 2 perlintasan kereta api (KA) yang intensitas setiap harinya cukup tinggi. Perlintasan KA Bandar misalnya, traffic KA naik dari 44 menjadi 55 kali dalam sehari selama arus mudik lebaran. Semakin banyak KA yang melintas, otomatis mengakibatkan semakin sering arus lalu lintas harus terhenti.

"Ditambah perlintasan rel KA Mengkreng juga naik vokume traffic dari 26 kali menjadi 32 kali per hari," terangnya.

Titik rawan kemacetan juga berada di jalur dalam kota Jombang. Tepatnya di simpang 3 Pasar Legi. Di tempat ini marak angkutan umum yang mengangkut dan menurunkan penumpang sembarangan.

Sementara Kasat Lantas Polres Jombang AKP Inggal Widya Perdana menjelaskan, titik kemacetan di Jembatan Ploso yang menjadi akses pemudik dari Lamongan, Bojonegoro dan Tuban juga patut diwaspadai. Terjadi penyempitan jalur pada jembatan dengan panjang 100 meter dan lebar 7,3 meter tersebut. Yaitu dari 4 lajur menjadi hanya 2 lajur.

"Faktor lainnya juga terdapat persimpangan sebelum dan sesudah Jembatan Ploso," jelasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed