DetikNews
Rabu 22 Mei 2019, 03:46 WIB

Berlubang dan Bergelombang, Jalur Nasional di Banyuwangi Rawan Laka

Ardian Fanani - detikNews
Berlubang dan Bergelombang, Jalur Nasional di Banyuwangi Rawan Laka Jalan nasional berlubang dan bergelombang dicek/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Satlantas Polres Banyuwangi bersama tim analisa dampak lalu lintas (Amdal) Subdit Kamsel Dirlantas Polda Jawa Timur, melakukan survei jalan rawan kecelakaan lalu lintas.

Ini dilakukan guna memperlancar arus lalu lintas saat mudik dan balik Lebaran. Tim yang dipimpin Kasi Amdal Subdit Kamsel Ditlantas Polda Jatim Kompol Kasiani tersebut langsung menuju titik jalur rawan laka lantas (blackspot) di ruas jalan raya nasional Situbondo KM 256-257 Desa Sidodadi, Kecamatan Wongsorejo, Rabu (22/5/2019).

Jalur ini merupakan jalur blackspot. Sebab dalam kurun waktu setahun terakhir di ruas jalan raya tersebut terjadi kecelakaan lalu lintas sebanyak 14 kejadian. Dengan jumlah korban meninggal dunia sebanyak 16 orang.

"Survei ini dimaksudkan agar lokasi titik blackspot ini tidak berlarut-larut terjadi laka lantas, dengan cara berkoordinasi dengan masing-masing lembaga dan instansi terkait untuk melaksanakan kegiatan bersama misalnya dengan melakukan perawatan jalan, penambalan jalan berlubang dan jalan bergelombang," terang Kompol Kasiani kepada wartawan.


Survei pemetaan jalur rawan laka lantas atau jalur blackspot ini, digelar diseluruh jajaran Polres di Jawa Timur.

Selama melakukan survei jalan itu, lanjut Kasiani pihaknya menemukan sejumlah penyebab terjadi laka lantas. Di antaranya ditemukan jalan berlubang dan jalan bergelombang. Langkah yang harus segera dilakukan dalam waktu dekat yakni berupa penambalan jalan berlubang, dan jangka panjang pengerasan bahu jalan karena lebar jalan hanya 7,5 meter.

Selain itu, tim juga menemukan adanya bangunan liar yang berada di bahu jalan dan dapat menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas akibat minimnya ruang bahu jalan.

"Secepatnya harus segera dilakukan koordinasi dengan Satpol PP dengan meniadakan bangunan-bangunan yang mengganggu fungsi jalan," jelasnya.


Sementara Kanit Laka Lantas Polres Banyuwangi, Iptu Ardhi Bita Kumala mengatakan, sebagai bentuk antisipasi di jalur blackspot tersebut, pihaknya akan melaksanakan patrol secara berkesinambungan dengan melakukan penindakan berupa tilang.

"Selama arus mudik juga akan kami pasang banner imbauan dan peringatan kepada pengguna jalan. Sehingga saat mudik lebaran para pengendara bisa lebih waspada dan berhati-hati," tandasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed