DetikNews
Selasa 21 Mei 2019, 18:37 WIB

Dinkes Kota Probolinggo Temukan Produk Kedaluwarsa Saat Sidak Mamin

M Rofiq - detikNews
Dinkes Kota Probolinggo Temukan Produk Kedaluwarsa Saat Sidak Mamin Dinas Kesehatan Kota Probolinggo sidak mamin/Foto: M Rofiq
Surabaya - Dinas Kesehatan Kota Probolinggo melakukan inspeksi mendadak di sejumlah minimarket dan toko waralaba. Dalam sidak tersebut, dinkes menemukan produk makanan kedaluwarsa.

Petugas menemukan makanan kedaluwarsa itu di sebuah toko swalayan yang terletak di Jalan Dokter Sutomo. Hampir semua makanan kedaluwarsa itu merupakan produk lokal rumah tangga atau home industry.

Sementara di minimarket yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani dan toko waralaba di Jalan Basuki Rahmad, petugas menemukan susu kental manis kalengan dalam kondisi rusak. Kemudian ditemukan juga makanan yang sudah kedaluwarsa dan tanpa keterangan masa berlaku.


Atas temuan itu, petugas langsung memberikan peringatan terhadap penanggung jawab toko. Kemudian mendata sejumlah makanan kedaluwarsa dan melarangnya menjual kembali.

Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin mengatakan, pihaknya akan terus melakukan sidak atau kontrol makanan dan minuman. Itu dilakukan untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat yang akan berbelanja untuk kebutuhan Hari Raya Idul Fitri.

"Sidak kali ini kita amankan minuman kaleng dan wafer kaleng rusak dan peyok. Kita langsung sita dan kita kembalikan ke penjual agar dikembalikan dan dilarang dijual kembali," ujar Hadi saat melakukan sidak, Selasa (21/5/2019).


Sementara Kadinkes Kota Probolinggo Ninik Ira Wibawati mengimbau para pengelola toko selalu mengontrol barang dagangannya. Sehingga tidak merugikan konsumen.

"Sedikit ada mamin expired, rata-rata kemasan rusak. Kita kembalikan untuk tidak dijual, semacam pembinaan, kalau terulang kita sanksi," kata Ninik.

Ninik mengimbau para pembeli lebih berhati-hati dan selalu teliti. Dengan tidak lupa mengecek tanggal kedaluwarsa pada semua produk makanan atau minuman sebelum membeli. Pasalnya, makanan dan minuman yang kadaluarsa berbahaya bagi tubuh.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed