DetikNews
Selasa 21 Mei 2019, 15:31 WIB

Petugas KPPS Ponorogo yang Meninggal Dapat Santunan, Ini Nilainya

Charolin Pebrianti - detikNews
Petugas KPPS Ponorogo yang Meninggal Dapat Santunan, Ini Nilainya Divisi SDM KPU Ponorogo Nita Herdiana/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - Petugas KPPS yang meninggal dunia akhirnya mendapat santunan dari Pemprov Jatim. Besarannya senilai Rp 15 juta untuk tiap korban dan diserahkan langsung ke ahli waris.

Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Ponorogo Nita Herdiana Wati menjelaskan uang santunan tersebut diberikan kepada istri Tumirin.

"Yang meninggal anggota KPPS di TPS 22 Desa Krebet, Kecamatan Jambon atas nama Tumirin," tutur Nita saat ditemui detikcom di Kantor KPUD Ponorogo, Jalan Soekarno-Hatta, Selasa (21/5/2019).

Nita menjelaskan data yang dihimpun KPUD Ponorogo, ada 18 petugas KPPS yang sakit dan satu orang meninggal akibat kelelahan.


Saat disinggung apakah petugas KPPS yang sakit juga mendapat santunan, Nita memastikan belum tahu tindak lanjutnya seperti apa. Sebab, ada tingkatan sakit ada beberapa kategori.

"Yang sakit ada kategorinya dan sudah dilaporkan ke KPU RI, kita tinggal menunggu tindak lanjut dari sana," terangnya.

Menurutnya, ada 16 orang petugas KPPS yang sakit sudah dilaporkan ke KPU RI. Namun terkait juknis penerimaan, Nita belum mengetahui secara pasti.

"Kami belum tahu besaran nilainya serta belum tahu kapan turunnya, kita tunggu saja nanti. Semoga secepatnya," jelas dia.


Nita pun menambahkan saat melamar sebagai petugas KPPS, tiap pelamar wajib mencantumkan surat sehat dari dokter, puskesmas atau rumah sakit.

"Ada lampiran surat sehat, jadi yang sakit saat pelaksanaan pemilu kemarin diharapkan dapat bantuan dana dari pusat," pungkas dia.


527 Petugas KPPS Wafat, Komnas HAM Minta Negara Tanggung Jawab!:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed