DetikNews
Senin 20 Mei 2019, 14:43 WIB

PP Tambakberas Respons Klaim Gus Aam Soal 10 Ribu Warga akan ke Jakarta

Enggran Eko Budianto - detikNews
PP Tambakberas Respons Klaim Gus Aam Soal 10 Ribu Warga akan ke Jakarta Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang - Pondok Pesantren (PP) Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang angkat bicara terkait klaim Cucu KH Wahab Hasbullah, KH Solachul Aam Wahib Wahab atau Gus Aam. Pihak pesantren menegaskan, 10 ribu lebih massa dari Jatim yang disebut akan ke Jakarta ikut aksi 22 Mei nanti tidak ada dari unsur santri mereka.

Ketua Umum Yayasan PP Bahrul Ulum Wafiyul Ahdi mengatakan Gus Aam memang mempunyai hubungan darah dengan KH Wahab Hasbullah, tokoh pendiri NU sekaligus pendiri PP Bahrul Ulum. Gus Aam merupakan cucu dari KH Wahab Hasbullah.

Kendati begitu, lanjut pria yang akrab disapa Gus Wafi ini, Gus Aam tidak mempunyai basic di PP Bahrul Ulum Tambakberas. Karena sejak kecil Gus Aam tidak tinggal di pesantren tersebut. Sehingga apapun yang dilakukan Gus Aam tak menjadi representasi dari PP Bahrul Ulum.


"Kalau dia mengklaim akan memberangkatkan 10 ribu warga Jatim ya mungkin dia bisa menggerakkan orang-orang yang di bawah kendalinya. Itu bukan santri Tambakberas dan tidak ada kaitannya sama sekali dengan Pesantren Tambakberas," kata Gus Wafi kepada detikcom, Senin (20/5/2019).

Gus Wafi menyebut, keluarganya yang kini mengelola PP Bahrul Ulum tak banyak yang mengenal sosok Gus Aam. Menurut dia, sejak kecil Gus Aam tinggal di Jakarta dan Bandung.

"Gus Aam itu jarang sekali berinteraksi dengan keluarga Tambakberas. Jadi, keluarga Tambakberas sendiri tidak banyak yang kenal," terangnya.


Sebelumnya, cucu salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Wahab Hasbullah, KH Solachul Aam Wahib Wahab atau Gus Aam menaksir akan ada 10 ribu orang yang siap meramaikan gerakan kedaulatan rakyat di Jakarta, 22 Mei mendatang. Mereka dari Forum Umat Islam (FUI) se-Jatim. Dia mengklaim sudah 2.500 warga Jatim yang bertolak ke Jakarta.
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed