DetikNews
Senin 20 Mei 2019, 14:40 WIB

26 Orang Diduga Ikut Aksi 22 Mei Akhirnya Dipulangkan Polisi Banyuwangi

Ardian Fanani - detikNews
26 Orang Diduga Ikut Aksi 22 Mei Akhirnya Dipulangkan Polisi Banyuwangi 26 orang sempat diamankan akhirnya dipulangkan/Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Polres Banyuwangi akhirnya melepas dan memulangkan 26 warga Sumba Barat, NTT ke daerah asalnya. Pemulangan dilakukan menggunakan kembali Bus Lorena jurusan Denpasar-Jakarta.

Pemulangan dilakukan setelah melakukan serangkaian pemeriksaan kepada para penumpang sejak Minggu (19/5/2019) malam. Proses pemulangan digelar sekitar pukul 10.00 WIB, Senin (20/5/2019). Polisi bersenjata lengkap mengawal bus tersebut menuju Pelabuhan Ketapang Banyuwangi.

"Penumpang dan busnya kita suruh kembali. Daripada nanti ada apa-apa di Jakarta," ujar Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi kepada detikcom saat dikonfirmasi.


Menurut kapolres, pengawalan dijalankan untuk memastikan bahwa seluruh penumpang dan armada yang mengangkutnya kembali ke lokasi asal ketika melakukan bongkar muat. Jika memang ingin bekerja di Jakarta, mereka harus mengurus izin.

"Pemulangan sebagai antisipasi kondusivitas ibu kota negara. Daripada mereka terjebak di Jakarta dan tidak jelas di sana, mending dipulangkan," paparnya.

Bus Lorena tujuan Denpasar-Jakarta digiring aparat gabungan TNI-Polri menuju Mapolres Banyuwangi, usai terjaring razia di Pelabuhan Ketapang. Operasi yang dipimpin Kapolres Banyuwangi AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi itu sengaja menyasar bus jurusan Jakarta. Tujuannya adalah melakukan razia terhadap penumpang tujuan ibu kota yang berkaitan dengan aksi Gerakan Kedaulatan Rakyat 22 Mei mendatang.


Saat diperiksa di atas bus, mereka mengaku sebagai anak buah kapal (ABK) yang akan berangkat ke Jakarta. Padahal kapal yang mereka awaki menurut mereka berada di Bali. Anehnya lagi tidak ada satupun dari mereka yang memiliki buku pelaut.

Tidak hanya itu, mereka juga tidak tahu alamat tujuannya di Jakarta. Mereka mengaku hanya mengikuti perintah bosnya untuk pergi ke Jakarta. Akomodasi mereka juga sudah ditanggung orang yang mengkoordinir.



Tonton juga video Polres Banyuwangi Amankan 26 Orang Diduga Akan Ikut Aksi 22 Mei:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed