DetikNews
Senin 20 Mei 2019, 04:40 WIB

Cara Polisi Kota Kediri Cegah Balapan Liar Motor Saat Ramadhan

Andhika Dwi - detikNews
Cara Polisi Kota Kediri Cegah Balapan Liar Motor Saat Ramadhan Foto: Istimewa
Kediri - Polres Kediri Kota menggandeng berbagai komunitas motor berbagi takjil dan ngabuburit bersama. Acara ini digelar mengantisipasi aksi balap liar saat bulan ramadhan.

Sebab saat ramadhan sebelumnya, aksi balap liar kerap terjadi menjelang sahur. Berdasarkan pengalaman hal itu Kasatlantas Polresta Kediri, AKP A. Risky Fardian memiliki ide untuk berbuka bersama dan ngabuburit dengan komunitas klub motor dan mobil Kediri, Forum Otomotif Kediri (FOK).

Kegiatan bagi-bagi takjil dan santunan anak yatim dilakukan dipusatkan di Mako Lantas Polres Kediri Kota Jalan Brawijaya Kota Kediri.

"Sengaja kita melakukan kegiatan buka bersama ini untuk memberikan contoh bagi pengendara lalu lintas lainnya sebagai komunitas klub motor agar ikut bergabung dan mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku, sehingga pelaku balap liar akan sadar diri," jelas kasat lantas, Senin (20/5/2019).


Sementara Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi mengaku bahwa dengan merangkul dan mengajak FOK bisa menjadi contoh bagi anak muda maupun komunitas kendaraan bermotor lainnya bergabung yang diwadahi FOK untuk kegiatan ramadhan.

"Dengan kegiatan ngabuburit, berbuka bersama dan berbagi takjil dengan santunan anak yatim diharapkan bisa menjadi contoh serta FOK menjadi wadah mengayomi kegiatan negatif dalam berkendara di jalanan. Dan kegiatan bulan suci ramadhan diisi dengan baik," jelas kapolres.

Senada dengan polisi, Ketua FOK Kediri, Munasir Huda mengaku senang dengan kegiatan ini. Sebab FOK mendapat kepercayaan dari polisi mengajak dan memelopori kegiatan berlalu lintas sesuai aturan.

"Alhamdulillah FOK dipercaya oleh kepolisian mengayomi anggota komunitas klub motor menjadi contoh pengendara yang patuh aturan berlalu lintas di jalanan. Otomatis mengajak para pemuda yang biasa melakukan kegiatan balapan untuk saling menghormati pengguna jalan lainnya," ungkap Munasir Huda.

Hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0809 Kediri Letkol (Kav) Dwi Agung Sutrisno, Kabid Keselamatan Dishub Kota Kediri dan Ketua PCNU Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar Abdul Jalil.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed