DetikNews
Minggu 19 Mei 2019, 16:32 WIB

Koordinator Tur Jihad ke Jakarta 22 Mei Sebut Hanya ingin Refreshing

Hilda Meilisa - detikNews
Koordinator Tur Jihad ke Jakarta 22 Mei Sebut Hanya ingin Refreshing Koordinator tur jihad saat di Mapolda Jatim/Foto: Hilda Meilisa
Surabaya - Ajakan tur jihad ke Jakarta sempat ramai di Surabaya. Pasalnya, tur tersebut digadang akan bergabung dengan aksi people power pada 22 Mei di Jakarta. Namun, Koordinator Tur Muhammad Roni menampik hal ini.

Dia menyebut tur yang diselenggarakannya ini hanya untuk refreshing dan jalan-jalan saja. Hal tersebut merupakan keinginan emak-emak untuk ke Jakarta.

"Mengenai tur jihad Jakarta, itu sebenarnya konotasinya bukan sekejam kata-kata itu, sebetulnya kita dengan emak-emak ingin jalan-jalan atau refreshing ke Jakarta gitu aja," kata Roni usai meminta maaf dan menulis surat pernyataan di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Minggu (19/5/2019).


Roni menegaskan tur jihad ini tak akan mengikuti demontrasi atau aksi people power, namun murni hanya ingin Refreshing. Saat ditanya alasannya menggunakan kata jihad, Roni mengaku kata jihad tak selalu bermakna perang.

"Kalau kata-kata jihad, jihad kan kalau di dalam Islam bukan diartikan perang, kita mencari nafkah saja jihad, untuk menafkahi anak istri kita, jadi kata jihad itu bikan dikatakan kita udah berani mati, ndak," lanjutnya.

Kendati demikian, sebelumnya dalam wawancara dengan CNNIndonesia.com, Roni sempat mengatakan jihad yang dilakukannya ini merupakan jihad dalam membela bangsa. Dia menilai aksi menuntut keadilan atas penyelenggaraan pemilu juga termasuk jihad, terlebih dalam menyelamatkan negara dari kebobrokan.


"Kita jihad menyelamatkan negara kita dari kebobrokan ini," ucap Roni pada Jumat (17/5/2019).

Namun, saat di Polda, Roni menampik hal ini dan mengatakan ada miskomunikasi. Sementara itu, Koordinator Tur lainnya Feni Lestari mengatakan emak-emak yang ikut rencananya hendak berbelanja.

"Setelah itu kan ada yang sambil cari nafkah mau kulakan ke Tanah Abang, terus ibadah ke Istiqlal, seperti itu, semula go Jakarta, saya sendiri menyerahkan ke emak-emak siapa yang mau ikut. Pilihan kata jihad dari temen-temen sendiri, dan kami gak ambil pusing," pungkasnya.

Berikut pesan yang menyebar di pesan whatsapp :

TOUR JIHAD JAKARTA

PAKET PUAS 5 HARI PLUS PENGINAPAN TANPA MAKAN

1) Bis besar isi 50 orang @ 450rb
2) Bis mini isi 30 orang @ 400rb
3) Elf isi 12 orang @ 600rb
4) Mobil ertiga/xenia/avansa isi 6 orang @ 600rb

Berangkat dr Sbya tgl 19 Mei 2019 jam 06.00
Pulang ke Sbya tgl 23 Mei 2019 subuh

Pembayaran terakhir tgl 17 Mei 2019

PIC : Tjetjep M.Yasin 0813 3330 9210
M.Roni 0813 2955 3527



Simak Juga "Polisi Tetap Antisipasi Gangguan Lain di Aksi 22 Mei":

[Gambas:Video 20detik]


(hil/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed