DetikNews
Jumat 17 Mei 2019, 15:03 WIB

Bingung Mikir Nasib si Kucing Saat Mudik, Titipin Saja ke Cat House

Enggran Eko Budianto - detikNews
Bingung Mikir Nasib si  Kucing Saat Mudik, Titipin Saja ke Cat House Tempat penitipan kucing di Jombang/Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang - Para pemudik tak perlu khawatir dengan nasib kucing peliharaannya saat ditinggal Mudik Lebaran. Agar tak repot membawa kucing saat mudik, hewan peliharaan tersebut bisa dititipkan ke cat house atau rumah kucing di Jombang. Tempat penitipan itu mempunyai berbagai fasilitas yang siap memanjakan kucing pemudik.

Rumah kucing milik Wahyuni Septiana (26) berada di Dusun/Desa Puton No 79, Kecamatan Diwek. Tempat penitipan khusus kucing itu mempunyai fasilitas yang terbilang lengkap. Mulai dari peralatan untuk grooming, vaksinasi, suntik vitamin, aneka makanan kucing, hingga mainan khusus agar kucing tidak stres.

Fasilitas kandang kucing juga memadai. Setiap kandang sepanjang 30 cm dilengkapi dengan lampu penerangan yang cukup hangat. Selain itu, setiap kandang dilengkapi tempat makan, minum, serta untuk buang hajat kucing.

Wahyuni mengatakan, setiap kucing yang dititipkan akan lebih dulu diperiksa kondisi kesehatannya. Menurut dia, kucing yang tidak sehat akan diberikan perawatan khusus agar sembuh saat di penitipan.


"Kalau kucing sehat kami fasilitasi dengan suntik vitamin dan grooming. Kalau kurang sehat, kami juga fasilitasi penyembuhan kucing tersebut," kata Wahyuni kepada wartawan di rumahnya, Jumat (17/5/2019).

Cat house milik Wahyuni juga melayani para pemudik yang ingin menitipkan kucingnya. Biayanya pun cukup terjangkau, yaitu Rp 35-75 ribu per hari. Tarif penitipan kucing bergantung pada kondisi kesehatan kucing, serta fasilitas tambahan yang diinginkan pemiliknya.
Tempat penitipan kucing di Jombang/Tempat penitipan kucing di Jombang/ Foto: Enggran Eko Budianto
"Tergantung jenis penyakit dan jasa titip ekstra kucing," terang Wahyuni.

Karena fasilitasnya yang lengkap, cat house milik Wahyuni diminati para pemudik. Menurut dia, jumlah kucing yang dititipkan biasanya meningkat 20-30 persen pada H-5 Lebaran. Jika hari biasa rata-rata 15 kucing, menjelang lebaran nanti akan meningkat hingga 30-35 kucing.


"Biasanya akan diambil lagi oleh pemiliknya maksimal H+5 sampai H+6 Lebaran," tambahnya.

Pengguna jasa penitipan kucing saat ini mulai berdatangan ke tempat Wahyuni. Salah satunya Siti Aminah, warga Desa Pandanwangi, Kecamatan Diwek, Jombang.

Dia menitipkan kucing Persia miliknya karena akan ditinggal mudik. Selain tarifnya terjangkau, Aminah mengaku puas dengan perawatan kucing yang diberikan Wahyuni. Gadis berusia 17 tahun ini hanya membayar Rp 50 ribu per hari.

"Saya sudah biasa titip di sini karena perawatannya bagus. Karena saya mau mudik. Kalau ditinggal di rumah tidak ada yang mengurus," pungkasnya.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed