detikNews
Minggu 12 Mei 2019, 15:38 WIB

Menkes: 6.047 Posko Kesehatan akan Disebar di Jalur Mudik 2019

Deni Prastyo Utomo - detikNews
Menkes: 6.047 Posko Kesehatan akan Disebar di Jalur Mudik 2019 Menkes Nila Moeloek di Gedung Negara Grahadi/Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Arus mudik Lebaran 2019 menjadi perhatian Kementerian Kesehatan RI. Sebanyak 6.047 posko kesehatan akan disebar di jalur mudik lebaran tahun ini.

Menteri Kesehatan, Nila Moeloek mengatakan, arus mudik lebaran menjadi prioritas penanganan yang dilakukan Kementerian Kesehatan. 6.047 Posko kesehatan akan tersebar di jalur pantura, pantai selatan (Pansela) Jawa dan Tol Trans Jawa.

"Posko tersebut terdiri dari puskemas, pos kesehatan, rumah sakit, ambulan dan klinik," kata Nila Moeloek, usai Rakor Angkutan Lebaran Bidang Lalu Lintas di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (12/5/2019).

"Kami juga menyiapkan posko-pokso kesehatan bisa mengecek gula darah, kalau perlu istirahat kita siapkan tempat istirahat. Kita juga siapkan tempat kesehatan dan juga menjaga kebersihan dalam arti menjaga makanan selama perjalan yang menyebabkan sakit perut agar tidak menganggu konsentrasi dalam mengemudi," tambahnya.

Tak hanya itu, kata Nila, dalam menunjang mudik lebaran nanti, pihaknya telah menyiagakan panggilan darurat 119 yang standby selama lebaran.


"Kita juga punya siaga 119, kita juga siapa ambulan roda dua yang untuk mempercepat evakuasi dan membantu pertolongan pertama dan tentunya ada ambulan roda empat disetiap posko sudah kita sediakan," jelas Nila.

Nila juga berbagai tip untuk para pemudik yang akan meramaikan arus mudik dan balik Lebaran nanti.

"Pertama sekali kami menginginkan pengemudi, tadi dikatakan Jalan Tol ini semua sudah bagus, kelihatannya akan meningkat. Oleh karenanya pengemudi harus sehat, pengemudi tidak minum alkohol dan tidak minum obatan-obatan yang membuat mengantuk karena harus prima, karena harus bertanggung jawab membawa penumpang," kata Nila Moeloek.

Menkes juga mengimbau memilih waktu saat mudik lebaran nanti. Sebab dari data kementerian kesehatan kecelakaan terjadi rata-rata pada waktu siang hari.

"Mungkin ini berangkatnya pada watu sesudah sahur, kemudian lelahnya terjadi pada siang hari," ujarnya.


Simak juga video Jelang Mudik, Dishub Jabar Cek Tanjakan Maut Cikidang:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com