Komunitas Tionghoa di Situbondo Bagikan 5.000 Takjil Gratis

Ghazali Dasuqi - detikNews
Jumat, 10 Mei 2019 20:05 WIB
Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo - Puluhan warga Tionghoa berkerumun di Jalan PB Soedirman depan Mapolres Situbondo. Mereka membagi-bagikan ribuan takjil kepada para pengendara yang melintas.

Sambil membawa poster bertuliskan 'Takjil Gratis', para warga Tionghoa itu tampak ramah menyapa dan membagikan makanan untuk berbuka puasa.

Menurut Ketua Perkumpulan Warga Tionghoa Situbondo Lindawati, bagi-bagi takjil tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan kerukunan dan toleransi antar umat beragama. Selain itu, aksi berbagi itu juga sebagai wujud penghormatan warga Tionghoa kepada warga Muslim yang menjalankan ibadah puasa.


"Ini rutin kami lakukan tiap tahun. Sekarang ada 5.000 takjil yang kami siapkan untuk dibagikan sore ini. Kali ini kami bersama Komunitas Jeepers Situbondo. Tema yang kami usung adalah Berbagai Itu Indah dan Takjil on the Street," kata Lindawati di sela-sela membagikan takjil.

Seperti pantauan detikcom di lokasi, kegiatan bagi-bagi takjil itu dipusatkan di depan Mapolres Situbondo. Kapolres AKBP Awan Hariono bersama sejumlah anggotanya tampak ikut berbaur.

Petugas kepolisian membantu mengatur arus lalu lintas di tengah acara bagi-bagi takjil. Kemudian aksi berbagi itu juga melibatkan puluhan siswa SMP Katolik St. Elias.


"Para siswa itu sengaja kami ajak. Setidaknya agar menjadi edukasi sedini mungkin, bahwa di Indonesia itu harus selalu mengedepankan rasa toleransi. Jadi, toleransi itu yang kami perkenalkan sejak dini," papar Lindawati.

Selain warga Tionghoa, anggota Komunitas Jeepers Situbondo juga ikut berbaur dalam kegiatan bagi-bagi takjil tersebut. Sebagai anggota Jeepers, Kasat Reskrim Polres Situbondo AKP Masykur turut membantu membagi-bagikan bingkisan takjil kepada pengendara.

"Kami sengaja berkolaborasi dengan warga Tionghoa, agar terlihat adanya toleransi dan kerukunan antar warga di Situbondo," kata anggota Jeepers lainnya, Hariyus kepada detikcom. (sun/sun)