DetikNews
Rabu 08 Mei 2019, 17:24 WIB

Krisdayanti Temani 2 Caleg Petahana PDIP ke Senayan

Muhammad Aminudin - detikNews
Krisdayanti Temani 2 Caleg Petahana PDIP ke Senayan Foto: Dok. Instagram @krisdayantilemos
Malang - Tiga Caleg PDIP dari Daerah Pilihan (Dapil) Malang Raya diprediksi lolos ke Senayan. Salah satu caleg itu adalah diva terkenal Krisdayanti.

Jika melihat perolehan suara PDIP mencapai 560 ribu suara, maka PDIP berpeluang merebut 4 kursi DPR RI, dari jatah 8 kursi yang diperebutkan. Karena pada Pemilu 2019, menggunakan teknik Sainte Lague murni untuk penentuan kursi partai.

"Kalau potensi bisa empat kursi DPR RI, tentunya ini mengacu pada perolehan suara di Dapil Malang Raya. Namun penetapan pastinya menunggu hasil rekap KPU yang kini masih berjalan," ujar Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari kepada detikcom, Rabu (8/5/2019).

Dikatakan bahwa Sainte Lague menjadi metode baku yang digunakan KPU dalam menentukan perolehan kursi legislatif oleh kontestan Pileg 2019. Dengan begitu, tidak bisa gegabah untuk menyakinkan perolehan kursi sebelum rekapitulasi KPU selesai.


"Sekarang proses rekap KPU Jatim masih berjalan. Diperkirakan masih tiga hari lagi selesai. Jadinya belum bisa menyatakan, kita (PDIP) dapat empat kursi untuk DPR RI Dapil Malang Raya. Namun, melihat perolehan suara, tiga kursi sangat memungkinkan, siapa caleg terpilih tunggu hasil rekap KPU," kata Untari.

Ditanya melejitnya suara Krisdayanti sehingga berpotensi menjadi caleg nomor pertama yang lolos ke Senayan dari Dapil Malang Raya? Untari lebih menginginkan agar menunggu hasil rekapitulasi final KPU saja.

Sementara, PKB sendiri mengklaim dapat merebut dua kursi DPR RI dari Dapil Malang Raya, berdasarkan penghitungan DB1 yang mencapai 368.755 suara dengan rincian Kabupaten Malang 283.421 suara, Kota Batu 18.371 suara, dan Kota Malang sebanyak 66.963 suara.


PDIP menjadi pemenang dengan suara tertinggi sebanyak 560.217 suara dari Dapil Malang Raya. Posisi ketiga ditempati Partai Gerindra dengan jumlah 207.707 suara. Posisi berikutnya Partai Golkar dengan 175.640 suara dan Partai NasDem sebanyak 161.551 suara.

"Berdasarkan hitungan DB1, kami bisa mendapatkan kursi kedua dan ketujuh dari 8 kursi merupakan kuota untuk DPR RI Dapil Malang Raya," terang Ketua DPC PKB Kabupaten Malang Ali Ahmad terpisah.

Dua caleg petahana asal PAN Totok Dariyanto dan Nurhayati Assegaf Caleg Partai Demokrat harus tumbang dalam perebutan kursi. Mereka tidak mampu mempertahankan perolehan kursi dari Dapil Malang Raya. Sementara PKS harus mengulang kegagalan di Pemilu 2014 untuk bisa mendapatkan jatah kursi di Senayan.

Berikut formasi caleg terpilih DPR RI Dapil Malang Raya :

1. Krisdayanti (PDIP)- pendatang baru
2. Latifah Shohib (PKB) - Petahana
3. Moreno Soeprapto (Gerindra) - Petahana
4. Ahmad Basarah (PDIP) - Petahana
5. Ridwan Hisjam (Golkar) - Petahana
6. Kresna Dewanata Prosakh (NasDem) - Petahana
7. Ali Ahmad (PKB) - pendatang baru
8. Andreas Eddy Susetyo (PDIP) petahana

Caleg petahana yang gagal:
1.Totok Dariyanto (PAN) petahana
2. Nurhayati Assegaf (Demokrat) petahana
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed