DetikNews
Minggu 05 Mei 2019, 19:37 WIB

Menangkan Pileg, PDIP Kota Malang Rebut 12 Kursi

Muhammad Aminudin - detikNews
Menangkan Pileg, PDIP Kota Malang Rebut 12 Kursi 12 caleg PDIP Kota Malang terpilih (Foto: Muhammad Aminudin)
Malang - PDI Perjuangan meraih suara terbanyak di Kota Malang. Sebanyak 12 kursi DPRD berhasil diperoleh. Meski meleset dari target, jumlah kursi PDIP bertambah dibandingkan perolehan di Pileg 2014 lalu.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Malang I Made Rian Diana Kartika menyatakan terima kasihnya kepada masyarakat yang masih memberikan kepercayaan kepada partainya di Pemilu serentak 2019, hingga mampu meraih suara terbesar.

Dari hasil rekapitulasi KPU Kota Malang, kata Made, PDIP meraup suara sebanyak 109.001 suara, jumlah itu melebihi perolehan suara di Pileg 2014 hanya 92.217 suara.


"Meski tak memenuhi target, tapi kami naik satu kursi menjadi 12 kursi di DPRD Kota Malang. Ini merupakan hasil kerja keras dan pemilu kali ini benar-benar fairplay tanpa rekayasa," ujar Made kepada wartawan di kantor DPC PDI Perjuangan Kota Malang Jalan Raden Panji Suroso, Minggu (5/5/2019).

Dikatakan Made, perolehan kursi PDIP jauh meninggalkan PKB yang menjadi runner up dengan hanya mengantongi 7 kursi di DPRD Kota Malang.

"Dan 12 caleg kami, mayoritas pemilik suara terbanyak di lima dapil yakni Lowokwaru, Klojen, Kedungkandang, Blimbing, serta Sukun dibandingkan caleg dari parpol lainnya," tegasnya.

Made kemudian merinci, perolehan kursi di lima daerah pilihan (dapil) di wilayah Kota Malang. Pertama Dapil Klojen mendapatkan satu kursi, Dapil Blimbing sebanyak tiga kursi, Dapil Kedungkandang bertambah satu kursi dari dua menjadi tiga kursi, Dapil Lowokwaru dua kursi, terakhir Dapil Sukun mendapatkan tiga kursi.


"Dapil Kedungkandang, kita menambah satu kursi. Sehingga total perolehan kursi untuk DPRD Kota Malang sebanyak 12 kursi hasil pemilu tahun ini," terangnya.

Selain Luluk Zuhriyah dari Dapil Kedungkandang, 12 caleg PDIP terpilih semuanya adalah wajah baru. Partai pengusung Jokowi-Ma'ruf Amin ini optimis kader mereka bisa mengemban amanah rakyat di parlemen. Luluk menjadi petahana, setelah mengikuti pergantian antar waktu (PAW) menggantikan kader PDIP yang tersangkut korupsi massal yang diungkap KPK beberapa waktu sebelum Pemilu 2019 digelar.

"Kita selain Bu Luluk Zuhriyah adalah wajah baru. Kalau termuda adalah Harvard Kurniawan dari Dapil Blimbing," ujar Made.

Berikut daftar lengkap 12 caleg PDIP terpilih untuk DPRD Kota Malang :

1. Dapil Sukun : Ahmad Wanedi, Lea Martadinata, Ferry Kurniawan.

2. Dapil Klojen : Iwan Mahendra

3. Dapil Blimbing : Harvard Kurniawan, Eko Herdianto, Wiwik Sukesih.

4. Dapil Kedungkandang : Amithya Ratnanggani, Agoes Marhaenta, Luluk Zuhriyah.

5. Dapil Lowokwaru : I Made Rian Diana Kartika, Nurul Setyowati.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed