DetikNews
Jumat 03 Mei 2019, 17:21 WIB

PDIP Amankan 10 Kursi Parlemen Kota Blitar Seperti 2014

Erliana Riady - detikNews
PDIP Amankan 10 Kursi Parlemen Kota Blitar Seperti 2014 Anggota Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kota Blitar Choirul Umam/Foto: Erliana Riady
Blitar - PDIP kembali menguasai kursi parlemen di Kota Blitar. Berdasarkan Sertifikat Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Tingkat Kota (DB1) yang dilakukan KPU Kota Blitar, PDIP mendapat 10 dari 25 kursi dewan.

Anggota Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kota Blitar Choirul Umam mengatakan, perolehan suara PDIP tahun ini sama persis dengan Pileg 2014.

"Tahun ini perolehan PDIP sama seperti Pileg 2014 yakni 10. Disusul PKB 4 suara, PPP 3 suara. Lalu Gerindra, Golkar dan Demokrat masing-masing 2 suara. Dan Hanura serta PKS masing-masing 1 kursi," kata Umam kepada detikcom di kantornya, Jalan Pemuda Soempomo Kota Blitar, Jumat (3/5/2019).

Total perolehan suara PDIP tersebut direkap dari tiga dapil. Untuk Dapil 1 Kepanjenkidul dengan rincian PDIP 4 kursi. Sedangkan PKB, Golkar dan PPP masing-masing satu kursi.


Untuk Dapil 2 Sananwetan dengan rincian PDIP 3 kursi. Sementara PKB, Golkar, PKS, PPP, Hanura dan Demokrat masing-masing 1 kursi.

Kemudian di Dapil 3 Sukorejo PDIP mengamankan 3 kursi. PKB dan Gerindra masing-masing 2 kursi. Sementara PPP dan Demokrat masing-masing satu kursi.

Dibanding Pileg 2014, perolehan suara PDIP tetap stabil di angka 10. Sama dengan PPP yang memperoleh 3 suara.


Kenaikan perolehan suara didapat PKB dan Golkar. PKB sebelumnya hanya meraup 4 kursi, tahun ini menjadi 5 kursi. Dan Golkar sebelumnya hanya meraup satu kursi, tahun ini naik menjadi 2 kursi.

Sementara penurunan perolehan suara dialami Gerindra. Partai berlambang burung garuda itu hanya mengamankan dua kursi. Padahal sebelumnya bisa mendapatkan 3 kursi.

"Ini hasil sementara simulasi ya. Untuk penetapan secara resmi, menunggu pengumuman keputusan dari MK. Dengan catatan, tidak ada gugatan ke MK," pungkas Umam.

Namun jika ada gugatan ke MK, maka penetapan bisa dilakukan KPU tiga hari setelah MK memutuskan gugatan itu.


Tonton juga video Survei LSI soal Pileg 2019: PDIP Teratas, PSI Tiga Terbawah:

[Gambas:Video 20detik]


(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed