DetikNews
Rabu 01 Mei 2019, 15:33 WIB

Tradisi Rutin Jelang Ramadan, Megawati Ziarah Makam Bung Karno

Erliana Riady - detikNews
Tradisi Rutin Jelang Ramadan, Megawati Ziarah Makam Bung Karno Megawati saat ziarah ke Makam Bung Karno/Foto: Erliana Riady
Blitar - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri punya tradisi rutin menjelang Ramadan. Yakni ziarah atau nyekar ke makam sang ayah Soekarno di Kota Blitar.

Rombongan Megawati tampak memasuki areal Makam Bung Karno (MBK) sekitar pukul 12.35 WIB. Mega didampingi Wasekjen PDIP Ahmad Basarah, Djarot Saiful Hidayat, Dewanti Rumpoko dan Sri Untari.

"Kami DPP PDIP mendampingi Ibu Mega untuk nyekar ke makam ayahandanya. Ini merupakan tradisi kultural yang rutin beliau lakukan menjelang bulan suci Ramadan," kata Basarah pada media usai nyekar di MBK, Kamis (1/5/2019).


Ritual nyekar itu, lanjut Basarah, tidak lain untuk mendoakan Sang Proklamator agar mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT. Megawati juga mendoakan agar Bangsa Indonesia bisa melanjutkan cita-cita luhur dan perjuangan sang ayah.

Basarah menambahkan, Nyekar jelang Ramadan tahun ini tepat setelah Pemilu 2019. Megawati dan keluarga besar PDIP bersyukur atas karunia Allah SWT. Sehingga Pemilu bisa dilaksanakan dengan lancar, tertib dan damai.


"Tentu kami berharap seluruh tahapan sampai pelantikan Presiden 20 Oktober nanti berjalan lancar, sehingga Bangsa Indonesia kembali menjalani kehidupan normal. Bersama-sama melanjutkan pembangunan untuk mensejahterakan rakyat Indonesia," tambahnya.

Seperti pantauan detikcom di lokasi, Forkopimda Blitar baik kabupaten maupun kota hadir menyambut kedatangan Mega. Sekitar pukul 13.50 WIB, rombongan bergeser ke Pendopo Ronggohadinegoro Pemkab Blitar untuk makan siang.

Selanjutnya, sesuai rencana rombongan akan menuju Lanud Abd Saleh Malang. Lalu kembali terbang ke Jakarta.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed