detikNews
Selasa 30 April 2019, 11:02 WIB

Tanggul Anak Sungai Bengawan Solo Jebol, Petambak Rugi Ratusan Juta

Eko Sudjarwo - detikNews
Tanggul Anak Sungai Bengawan Solo Jebol, Petambak Rugi Ratusan Juta Warga memperbaiki tanggul jebol/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Tanggul Sungai Plalangan yang sempat diperbaiki kembali jebol. Tanggul anak Sungai Bengawan Solo yang ada di Desa Balun, Kecamatan Turi itu jebol lagi sepanjang kurang lebih 12 meter.

Kepala Desa Balun Kusyairi membenarkan tanggul Sungai Plalangan yang ada di desanya jebol lagi. Menurutnya, tanggul tersebut kembali jebol karena tingginya debit air akibat curah hujan tinggi dan kiriman air dari hulu.

"Iya, jebol lagi pagi tadi," kata Kusyairi pada wartawan, Selasa (30/4/2019).


Kusyairi menambahkan, tanggul tersebut sebelumnya sudah pernah jebol yakni pada 6 April lalu. Kala itu tanggul langsung diperbaiki meski belum sempurna dan belum permanen.

"Salah satu penyebab jebolnya tanggul ini kembali adalah adanya penyempitan sungai di daerah lainnya sehingga tanggul di Desa Balun jebol karena tak kuat menahan banyaknya volume air yang ada di sungai," imbuh Kusyairi.

Jebolnya tanggul menyebabkan air meluap ke puluhan hektare lahan tambak yang ada di Desa Balun. Akibatnya, para petani tambak merugi karena ikan di tambak yang siap panen lepas.

"Tanggul jebol lagi tadi pagi dan air langsung meluap di tambak yang ada di sekitar sungai," kata salah satu petani Desa Balun, Sutikno.


Kini, warga bahu-membahu melakukan upaya perbaikan tanggul. Perbaikan dilakukan dengan menutup tanggul menggunakan terpal dan tiang pancang dari bambu.

Terpal itu kemudian diisi dengan sak yang sebelumnya sudah dijejali tanah. Menurut Kusyairi, perbaikan belum bisa sempurna karena akses jalan belum bisa dilalui kendaraan berat.

"Kerugian mencapai ratusan juta Rupiah karena ada puluhan hektare tambak yang terendam banjir," pungkas Kusyairi.


Simak Juga 'Tanggul Jebol, Siswa SD di Ujungberung Bandung Dikepung Banjir':

[Gambas:Video 20detik]


(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com