DetikNews
Jumat 26 April 2019, 20:47 WIB

Saksi Benarkan Surat Panggilan KPK Sebut Ketua DPRD Tulungagung Tersangka

Adhar Muttaqin - detikNews
Saksi Benarkan Surat Panggilan KPK Sebut Ketua DPRD Tulungagung Tersangka Foto: dok detikcom
Tulungagung - Keabsahan foto surat panggilan pemeriksaan saksi kasus dugaan korupsi oleh KPK dengan tersangka Ketua DPRD Tulungagung Supriyono yang beredar di aplikasi pesan WhatsApp benar adanya.

Salah satu kontraktor yang dipanggil KPK, Anang Saifudin, warga Dusun Kendit, Desa Tanggung, Kecamatan Campurdarat membenarkan adanya surat panggilan tersebut.

"Memang benar surat itu, kemarin itu saya share di grup intern, tapi ada anggota grup yang menyebarkan. Saya dipanggil sebagai saksi di Surabaya besok, tapi tidak tahu kok tersangkanya Ketua DPRD, seperti dalam surat itu," kata Anang saat dihubungi detikcom, Jumat (26/4/2019).


Sesuai keterangan dalam surat panggilan, Anang akan dimintai keterangan sebagai saksi dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi dengan tersangka Supriyono, Ketua DPRD Tulungagung periode 2014-2019. Supri diduga menerima hadiah dan janji agar melakukan tindakan atas jabatannya dengan bertentangan dengan pembahasan, pengesahan dan pelaksanaan APBD 2015-2018.

Proses pemeriksaan oleh penyidik KPK akan dilakukan di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jawa Timur di Sidoarjo pukul 10.00 WIB.

"Kalau tidak salah ada sembilan orang yang dipanggil, selain rekanan juga ada dari PNS," imbuhnya.


Status Ketua DPRD Tulungagung Supriyono sebagai tersangka ini merupakan hal baru dan mengagetkan publik Tulungagung, sebab sebelumnya KPK belum pernah menyampaikan kepada publik secara langsung.

Dalam surat tersebut, juga tertulis salah satu dasar pemanggilan merupakan hasil fakta persidangan tindak pidana korupsi sebelumnya dengan terdakwa Bupati Tulungagung Syahri Mulyo.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed