detikNews
Jumat 26 April 2019, 14:09 WIB

Penyebab Laka Mahasiswa Unhasy: Sopir Ngantuk dan Ngebut 110 Km/Jam

Sugeng Harianto - detikNews
Penyebab Laka Mahasiswa Unhasy: Sopir Ngantuk dan Ngebut 110 Km/Jam Mobil rombongan Mahasiswa Unhasy yang ringsek/Foto file: Istimewa
Nganjuk - Kecelakaan maut yang menimpa mobil rombongan mahasiswa Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Jombang di Tol Madiun-Nganjuk KM 638.400 diduga karena sang pengemudi mengantuk. Meski ngantuk, sang pengemudi Zuhdi F (24) warga Sukomoro, Nganjuk, memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi. Yakni lebih dari 100 KM/jam.

"Dari saksi yang kita mintai keterangan menyebut bahwa pengemudi kendaraan Toyota Hiace melaju di atas kecepatan batas maksimal 100 KM/jam. Sehingga saat mendahului mengalami oleng," kata Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Jatim AKBP Bambang S Wibowo saat dihubungi detikcom, Jumat (26/4/2019).

Bahkan menurut saksi, sang pengemudi memacu minibus tersebut hingga mencapai 110 KM/jam. Nahas, Zuhdi yang juga meninggal di lokasi tidak bisa mengendalikan laju kendaraan dengan sempurna. Terlebih karena dirinya mengantuk.


"Diduga disebabkan oleh pengemudi yang ngantuk serta mengendarai dengan kecepatan tinggi sekitar 110 KM/jam. Sehingga oleng dan menghantam truk tronton," imbuhnya.

Sementara Kapolres Nganjuk AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta menyampaikan, saat ini lima korban terluka masih menjalani perawatan di RSUD Nganjuk. Korban rata-rata mengalami luka patah tulang dan lecet akibat benturan saat kecelakaan terjadi.


"Masih kita rawat di RSUD Nganjuk untuk korban luka. Sedangkan Unit Laka masih melakukan pemeriksaan saksi," kata Dewa.

Sebelumnya diberitakan, kecelakaan terjadi di Tol Nganjuk yang menewaskan sang pengemudi dan empat mahasiswa Universitas Hasyim Asy'ari (Unhasy) Jombang. Toyota Hiace yang berisi 11 penumpang itu melaju dari arah Madiun ke Nganjuk. Saat hendak mendahului, minibus itu menghantam truk tronton nopol B 9586 MB.
(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed