DetikNews
Kamis 25 April 2019, 17:55 WIB

Listrik Padam Ditambah Genset Meledak, UNBK SMP di Blitar molor 1,5 jam

Erliana Riady - detikNews
Listrik Padam Ditambah Genset Meledak, UNBK SMP di Blitar molor 1,5 jam MAN 3 Kunir (Foto: Istimewa)
Blitar - Akibat listrik mendadak padam, pelaksanaan UNBK dua SMP di Kabupaten Blitar molor sampai 1,5 jam. Kejadian ini semakin lama penanganannya, karena genset yang disiapkan untuk mengatasi matinya arus listrik, justru meledak karena over power suply.

Menanggapi masalah ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar langsung berkirim surat kepada PLN. Karena sebelumnya PLN berkomitmen menjaga pasokan listrik selama berlangsungnya Ujian Nasional Berbasis Komputer ini. Dan kondisi cuaca pada hari ini sangat cerah.

"Kami langsung berkirim surat kepada PLN, karena ini juga hajat nasional bagi pendidikan anak negeri. Sehingga akan jadi perhatian, supaya tidak akan terulang lagi," kata Kasi Kurikulum dan Penilaian SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar Tatit Indro Wicaksono pada detikcom, Kamis (25/4/2019).


Data yang dihimpun detikcom, kedua SMP yang menjalani UNBK ini dari SMPN 1 Wonodadi dengan jumlah siswa 94. Dan SMP Mualimin Wonodadi dengan jumlah siswa sebanyak 96.

Kedua SMP ini menumpang pelaksanaan UNBK di MAN 3 Kunir. Sebanyak 190 siswa ini mendapat bagian di sesi tiga yang seharusnya mulai pada pukul 14.00-16.00 wib.

Namun baru saja peserta UNBK ini log in tiba-tiba listrik padam. Operator sekolah yang telah menyediakan genset, kemudian buru-buru menyalakan.

Rupanya ada kesalahan saat petugas menyalakan genset. Sehingga alat pemasok listrik itu meledak dan menimbulkan kerusakan jaringan pada tiga klien.

Diknas Pemkab Blitar menyatakan jika sampai batas waktu pukul 16.00 wib kerusakan belum bisa ditangani, maka akan dilaksanakan ujian susulan.


"Alhamdulillah listrik sudah nyala lagi. Tapi karena tadi tenaga dari genset meledak membuat rusaknya tiga jaringan klien. Sehingga kami sediakan juga tethering-nya," ujar Tatit.

Pukul 15.32 wib, masalah jaringan dan arus listrik sudah bisa ditangani. Sehingga pelaksanaan UNBK bisa dimulai. Karena molor 1,5 jam, otomatis peserta juga diberi tambahan waktu sampai 1,5 jam ke depan.

Sementara pihak PLN Blitar menanggapi pemadaman tanpa pemberitahuan ini karena adanya gangguan. Supervisor Teknik PLN Blitar, Robertus Nanda Pamungkas menyatakan, padamnya listrik terjadi dari proteksi di Bendowulung sampai Pikatan.

"Tidak hanya Wonodadi yang mendadak padam. Tapi dari proteksi Bendowulung ke barat utara sampai Pikatan. Ini kami sedang menelusuri penyebab gangguan. Tapi sampai saat ini belum terdeteksi," pungkasnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed