DetikNews
Kamis 25 April 2019, 16:51 WIB

Gatal-gatal Gara-gara Air di Magetan Menyebar ke 7 Desa

Sugeng Harianto - detikNews
Gatal-gatal Gara-gara Air di Magetan Menyebar ke 7 Desa Pengambilan sampel air oleh PDAM dari rumah warga/Foto: Sugeng Harianto
Magetan - Teror gatal-gatal usai mandi ternyata sudah dirasakan warga Magetan di tujuh desa. Pihak PDAM kni sudah mengambil sampel air dari lima desa untuk diteliti.

"Kita lakukan pengambilan sampel air yang diduga menjadi penyebab rasa gatal usai mandi itu. Untuk tim sudah kita terjunkan ke lokasi," kata Direktur Utama PDAM Kabupaten Magetan Welly Kristanto saat dihubungi detikcom Kamis (25/4/2019).

Menurut Welly, sampel air diambil petugas PDAM dari sembilan rumah warga yang mengeluhkan rasa gatal. Sembilan rumah tersebut tersebar di lima desa di tiga kecamatan.


"Untuk pengambilan sampel air di sembilan titik lokasi yang dikeluhkan rasa gatal usai mandi. Sembilan titik itu di lima desa di tiga Kecamatan. Yakni Kecamatan Kawedanan, Bendo dan Sukomoro," imbuhnya.

Di Kecamatan Kawedanan, sampel air diambil dari tiga desa. Yakni di Desa Ngadirejo satu titik, Rejosari dua titik dan Tulung satu titik. Sedangkan di Kecamatan Bendo ada dua titik pengambilan sampel yakni di Desa Belotan. Kemudian tiga titik lokasi sample air di Kecamatan Sukomoro berada di Desa Pojoksari.

"Air yang sudah kita ambil nanti kita teliti dengan melibatkan tim ahli dari Akademi Kesehatan Lingkungan (AKL). Secepatnya nanti akan diketahui apa penyebabnya dari air PDAM atau dari lainnya," tambahnya.

Terkait jumlah pelanggan PDAM di sejumlah desa yang mengeluhkan gatal, Welly enggan menyebutkan. "Yang diambil sampel hanya yang laporan saja. Karena yang pakai sumur juga ada yang ngeluh gatal," pungkasnya.

Seperti data yang dihimpun detikcom, lima desa yang warganya merasakan gatal-gatal yakni Desa Pojoksari, Belotan, Tulung, Rejosari dan Ngadirejo. Kelima desa tersebut sudah terdata PDAM.

Namun salah seorang netizen di Grup Facebook Berita Magetan mengabarkan bahwa warga Desa Karangrejo dan Selorejo di Kecamatan Kawedanan juga mengalami gatal-gatal usai mandi.
(sun/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed