DetikNews
Kamis 25 April 2019, 14:57 WIB

Perangkap akan Dipasang Atasi Serangan Monyet Liar di Probolinggo

M Rofiq - detikNews
Perangkap akan Dipasang Atasi Serangan Monyet Liar di Probolinggo Rumpun bambu yang digunakan sebagai sarang monyet liar (Foto: M Rofiq/File)
Probolinggo - BKSDA Wilayah 6 Probolinggo bertindak menanggapi laporan adanya serangan monyet liar di Kota Probolinggo. BKSDA akan memasang perangkap untuk menangkap monyet liar tersebut.

Kasi Konservasi BKSDA, Wilayah 6 Probolinggo Mamat Ruhimat mengatakan pemasangan perangkap dilakukan agar monyet liar segera tertangkap dan tidak menyerang warga kembali.

"Akan kita pasang kandang perangkap, agar monyet-monyet liarnya tidak menyerang warga," kata Mamat kepada detikcom, Kamis (25/4/2019).


Mamat mengatakan monyet yang menyerang warga merupakan monyet jenis ekor panjang. Karakternya akan menyerang siapa saja yang mengganggunya.

"Monyet yang menyerang warga itu karakternya tidak suka diganggu. Makanya kalau dia terancam atau merasa terganggu, akan melakukan serangan," kata Mamat.

Ditanya soal asal monyet liar, Mamat menjelaskan monyet tersebut memilih tinggal di perkampungan Kelurahan Kedungasem, lantaran daerah setempat nyaman untuk berlindung serta ketersediaan makanan mencukupi.


Disinggung rencana Lurah Kedungasem yang akan bekerjasama dengan Perbakin (Persatuan Menembak Indonesia) untuk menangkap monyet liar, Mamat mempersilakan. Asalkan dalam peroses penangkapannya dirasa membahayakan. Namun jika bisa ditangkap dengan mudah, Mamat menyarankan agar monyet tersebut tidak ditembak bahkan dibunuh.

Sementara apabila monyet liar yang menyerang warga berhasil terkena perangkap, Mamat menyampaikan selanjutnya monyet tersebut akan diamankan ke balai penangkaran monyet liar.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed