DetikNews
Kamis 25 April 2019, 13:59 WIB

Bawaslu Panggil Dua Caleg Demokrat di Malang Terkait Money Politic

Muhammad Aminudin - detikNews
Bawaslu Panggil Dua Caleg Demokrat di Malang Terkait Money Politic Bawaslu menunjukkan barang bukti money politic caleg Partai Demokrat/Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Bawaslu Kabupaten Malang memanggil dua caleg Partai Demokrat terkait dugaan money politic. Mereka adalah Tono caleg DPRD Kabupaten Malang dan Nurseta caleg DPR RI, yang semuanya dari Partai Demokrat.

Panggilan ini merupakan yang pertama, setelah Bawaslu gagal menghadirkan pelaku diketahui bernama Juwita warga Dusun Bokor, Desa Pagedangan, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

"Hari ini kita memanggil dua caleg yang namanya tercantum dalam barang bukti dugaan money politic yang kasusnya tengah kita tangani," ungkap Divisi Penindakan Bawaslu Kabupaten Malang George Da Silva ditemui di Panwascam Turen Jalan Panglima Sudirman, Turen, Kabupaten Malang, Kamis (25/4/2019).


Dikatakan, ini merupakan pemanggilan pertama Bawaslu terhadap kedua caleg itu. Identitasnya terungkap dari tulisan yang tercantum dalam amplop yang dibagikan oleh Juwita kepada masyarakat.

"Dalam amplop tertulis kode kuning (DPR RI) nomor partai yakni 14 (Demokrat) dan nomor urut 3 untuk caleg bernama Nurseta. Dibawahnya ada tulisan lagi hijau (DPRD Kabupaten Malang) nomor partai Demokrat (14) dan nomor urut caleg 1 dengan nama Tono," bebernya.

Berdasarkan barang bukti yang diamankan itulah, kata George, Bawaslu memanggil kedua caleg tersebut untuk dilakukan klarifikasi.


"Dalam amplop ada uang berjumlah Rp 40 ribu. Kita panggil untuk klarifikasi soal temuan beserta barang bukti money politic yang kita amankan," tegas George.

Ditambahkan, jika kedua caleg tak menghadiri pemanggilan hari ini. Akan dilakukan pemanggilan kedua kalinya, karena Bawaslu masih memerlukan keterangan keduanya dalam penanganan kasus tersebut.

"Kita akan panggil lagi, jika tidak datang. Jika sudah dua kali. Itu hak mereka untuk tidak datang," ujar George.


Simak Juga Ocehan Amien Rais soal 'Tokoh Gagap' Usik Demokrat:

[Gambas:Video 20detik]


(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed