DetikNews
Kamis 25 April 2019, 06:48 WIB

Harga Bawang Putih di Pasar Probolinggo Naik Lebih 100 Persen

M Rofiq - detikNews
Harga Bawang Putih di Pasar Probolinggo Naik Lebih 100 Persen Pasar Wonoasih Kota Probolinggo/Foto: M Rofiq
Probolinggo - Selama sepekan harga Bawang Putih di Kota Probolinggo, mengalami kenaikan cukup signifikan. Naiknya harga tersebut, membuat sejumlah pedagang kelimpungan.

Rata-rata kenaikan harga bawang putih naik menjelang ramadan. Seperti yang terjadi di Pasar Wonoasih, Kota Probolinggo. Tak sedikit pedagang setempat mengaku resah, tingginya harga jual di pasaran. Sementara permintaan pembeli kian menurun, seiring mahalnya harga bawang putih.

Salah seorang pedagang setempat, Firda mengaku saat ini harga bawang putih di pasaran menyentuh angka Rp 45 ribu/kg. Angka tersebut naik signifikan dari sebelumnya, yakni Rp 21 ribu/kg.

Tingginya harga bawang putih, membuat berkurangnya daya beli pelanggan di pasaran. Biasanya laku terjual sekitar 1-2 kwintal, namun saat ini hanya 0,5 kwintal saja.

"Kalau mahal begini pembeli menurun, sudah harga tinggi pembeli sedikit. Saya harap harganya bisa normal lagi," ungkap Firda saat dikonfirmasi, Kamis (25/4/2019).


Hal sama diungkapkan Hidayati, pedagang bawang putih lainnya. Ia berharap dinas terkait segera menormalkan harga bawang putih di pasaran. Tingginya harga bawang putih saat ini berdampak pada penghasilannya berjualan.

Menurutnya kenaikan harga bawang putih saat ini, bisa dikatakan lebih dari angka 100 persen.

"Dulu saya kulaknya sekitar Rp 18-20 ribu/kg, tapi sekarang naik jadi Rp 41 ribu/kg. Semoga harganya lekas kembali normal, saya harap ada langkah serius dari dinas terkait mengatasi tingginya harga ini. Kalo seperti ini terus, bisa-bisa pedagang merugi karena sedikit terus yang beli," harap Hidayati.

Saat ditanya terkait stok bawang putih di pasaran, Hidayati mengaku mencukupi, bahkan normal. Hanya saja harganya selangit, hingga membuat pedagang menjerit.

"Untuk pasokan sih tercukupi, tapi harganya yang tinggi. Saya tidak tau juga kenapa kok bisa naik, padahal biasanya tak begini. Ya semoga segera turun saja, sebentar lagi kan mau bulan ramadan, takutnya harga bawang putih semakin melambung," tandasnya.



Tonton video APBN Defisit, Jokowi Minta Menteri Pangkas Belanja Barang:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed