DetikNews
Selasa 23 April 2019, 18:22 WIB

Suara Jokowi Tetap Unggul di Coblosan Ulang Mojokerto

Enggran Eko Budianto - detikNews
Suara Jokowi Tetap Unggul di Coblosan Ulang Mojokerto Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Mojokerto/Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin menang telak di TPS yang hari ini menggelar Pilpres ulang di Kabupaten Mojokerto. Namun, perolehan paslon 01 turun 30 suara jika dibandingkan hasil pemungutan suara 17 April lalu.

Di Mojokerto, Pilpres ulang hanya digelar di satu tempat yakni TPS 01 Dusun Wotlemah, Desa Awang-awang, Kecamatan Mojosari. Komisioner Divisi Teknis KPU Kabupaten Mojokerto Achmad Arif mengatakan, Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS tersebut telah selesai dihitung.

Hasilnya, pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul jauh jika dibandingkan perolehan suara pasangan 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. "Paslon 01 mendapat 145 suara, paslon 02 mendapat 47 suara, 1 suara tidak sah," kata Arif kepada detikcom, Selasa (23/4/2019).


Perolehan suara kedua paslon di TPS itu turun jika dibandingkan hasil Pilpres 17 April 2019. Menurut Arif, hal itu seiring dengan anjloknya angka partisipasi pemilih di TPS tersebut.

Pada hari H Pemilu beberapa waktu lalu, pemilih yang menyalurkan suaranya di TPS 01 Desa Awang-awang mencapai 236 orang. Atau 78,7% dari daftar pemilih tetap. Sedangkan hari ini hanya 193 orang atau 64,3% pemilih yang datang ke TPS untuk mencoblos.

"Hasil Pilpres 17 April lalu di TPS 01 Desa Awang-awang paslon 01 mendapat 175 suara, paslon 02 mendapat 56 suara, 5 suara tidak sah," imbuhnya.


Hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) hari ini yang akan disahkan KPU. Hasil tersebut langsung dibawa ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk direkapitulasi.

"Langsung kami geser di kecamatan untuk dilakukan rekapitulasi bersama hasil pemungutan suara 17 April kemarin," pungkasnya.

Pilpres ulang di TPS 01 Desa Awang-awang digelar karena adanya kesalahan petugas KPPS dalam melayani 2 pemilih asal Kabupaten Grobogan, Jateng. Kedua pemilih dilayani mencoblos surat suara untuk Pilpres. Padahal, keduanya tak terdaftar dalam DPTb dan tak membawa formulir A5 atau keterangan pindah memilih.
(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed