DetikNews
Minggu 21 April 2019, 13:45 WIB

Hasil Pilpres 2019, Gus Ipul: Serahkan Sepenuhnya ke KPU

Amir Baihaqi - detikNews
Hasil Pilpres 2019, Gus Ipul: Serahkan Sepenuhnya ke KPU Gus Ipul dan Ustaz Yusuf Mansur saat syukuran kantor Fatma Foundation (Foto: Amir Baihaqi)
Surabaya - Salah satu Ketua PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyebut kondisi Jawa Timur pascapilpres relatif sangat kondusif. Menurutnya, hal itu tak lepas dari peran serta para kiai yang sebelumnya telah mengadakan pertemuan untuk rekonsiliasi.

"Saya bersyukur Jawa Timur kondusif. Pertemuan kiai-kiai kemarin itu disambut antusias, diapresiasi bahkan sekarang para ulama-ulama itu terus bergerak ke atas, ke samping, ke bawah untuk membawa semangat rekonsiliasi," kata Gus Ipul usai acara tasyakuran sekretariat Fatma Fondation di Surabaya, Minggu (21/4/2019).

Untuk hasil akhir penghitungan, Gus Ipul mengimbau untuk menyerahkan sepenuhnya kepada penyelenggara pemilu (KPU). Jikalau nantinya ada keberatan-keberatan dengan hasilnya bisa diselesaikan melalui jalur dan proses konstitusional yang ada.


"Kita serahkan kepada penyelenggara. Kalau ada keberatan-keberatan itu lebih baik melalui proses-proses yang sudah ada," terang mantan Wakil Gubernur Jatim itu.

"Dan terus terang saja masyarakat Indonesia sedang menunggu hasil ini. Karena energinya ingin digunakan untuk Indonesia. Ke depan agar tidak ada untuk berantem, tidak untuk ribut, tidak ada untuk gontok-gontokan dalam menyelesaikan masalah," tegasnya.


Sebelumnya, puluhan kiai sepuh pendukung Jokowi-Amin Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga Uno bertemu di kediaman Ketua PBNU Syaifullah Yusuf. Mereka bertemu untuk menyikapi dinamika politik usai pemilihan presiden dan pemilihan legislatif 2019.

"Hari ini para kiai berkumpul setelah kemarin proses pilihan presiden. Ibaratnya ini adalah melupakan 01-02 untuk bermusyawarah dalam menyikapi dinamika pascapilpres," kata Gus Ipul waktu itu di perumahan The Gayungsari, Jumat (19/4/2019).


Simak Juga "Seharusnya Saat Ini Jangan Ada yang Klaim Kemenangan":

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed