DetikNews
Sabtu 20 April 2019, 19:31 WIB

Jari Tangan Penderita Gangguan Jiwa Ini Habis Karena Dimakan Sendiri

Andhika Dwi Saputra - detikNews
Jari Tangan Penderita Gangguan Jiwa Ini Habis Karena Dimakan Sendiri Wiji Fitriani (berbaring) di rumahnya/Foto: Andhika Dwi Saputra
Kediri - Seorang perempuan penderita gangguan jiwa di Kediri terkadang memakan jari tangannya sendiri. Itu dilakukannya saat dia merasa kelaparan.

Perempuan itu adalah Wiji Fitriani (28), warga Dusun Tambak, Desa Ngadi, Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Videonya sempat viral di sosial media. Melalui akun Arif Witanto, nampak kedua tangan Wiji terbalut perban.

Dalam unggahan tersebut disebutkan jika jari-jari Fitri saat ini sudah habis, akibat infeksi luka yang dideritanya.

"Fitri sering makan jari-jari tangannya jika sedang merasa kelaparan, bahkan tetesan darah itu juga diminumnya," sebut Arif dalam akun facebooknya.


Diketahui selama ini, Wiji Fitriani hanya tinggal berdua dengan neneknya, Jirah (60). Untuk kehidupan sehari-hari mereka mengandalkan bantuan dari tetangganya.

Sementara menurut Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Kediri, Krisna Setiawan, memang benar kabar tersebut. Namun pihak Pemkab Kediri juga telah melakukan langkah cepat terkait kabar tersebut.

Yang bersangkutan memang telah dimonitor oleh puskesmas setempat dan mendapat kunjungan rutin dari perawat dengan fasilitas BPJS miskin.

"Yang bersangkutan sudah dalam monitoring dinas terkait dan puskesmas setempat. Bahkan selalu mendapat kunjungan dan monitoring dari perawat puskesmas melalui BPJS," ucap Krisna.


Krisna menambahkan kondisi Fitri memang kambuh-kambuhan. Kecenderungan memakan jarinya sendiri dan menyakiti dirinya hingga berdarah dilakukannya bila ia merasa lapar. Karena itu Fitri perlu pendampingan.

"Apabila kondisi kambuh, cenderung menyakiti diri sendiri, salah satunya dengan menggigit jari tangan sampai berdarah," imbuh Krisna.

Berdasar pantauan detikcom, saat ini sejumlah relawan kesehatan, dinas terkait hingga Propinsi Jawa Timur telah memberikan bantuan dan perhatiannya kepada Fitri dan keluarganya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed