DetikNews
Sabtu 20 April 2019, 17:39 WIB

9 Petugas TPS di Jatim Meninggal, Penyebabnya Kelelahan Hingga Kecelakan

Deny Prastyo Utomo - detikNews
9 Petugas TPS di Jatim Meninggal, Penyebabnya Kelelahan Hingga Kecelakan Ketua KPU Jatim Chairul Anam (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Surabaya - Sejumlah petugas KPPS, PPK, hingga linmas di Jatim meninggal usai gelaran Pemilu 2019 pada 17 April lalu. Mereka meninggal karena faktor kelelahan dan mengidap penyakit sebelumnya.

Dari data KPU Jatim, tercatat ada 9 petugas yang meninggal dunia saat bertugas. Mereka adalah 5 petugas KPPS, 2 petugas PPS, 1 petugas linmas, dan 1 petugas pembantu KPU.

Melihat kejadian tersebut, Ketua KPU Jatim Chairul Anam meminta untuk pemilu yang akan datang, proses pemungutan suara tidak dilaksanakan secara serentak dalam waktu sehari.


"Kami berharap proses pemilu serentak tidak dilaksanakan dalam satu hari secara keseluruhan. Tapi yang dimaksud serentak bisa dibuat dengan beberapa tahap. Jadi nanti bisa dilakukan pemilu legislatif saja, kemudian pemilu presiden saja, kemudian pemilu kepala daerah saja, dilakukan dalam satu tahun yang sama bukan di hari yang sama," kata Chairul Anam kepada wartawan di Kantor KPU Jatim, Jalan Tenggilis Mejoyo, Sabtu (20/4/2019).

Anam juga menjelaskan beban kerja para perangkat TPS dan PPK terkadang ada yang melebihi batas waktu. Dari cacatan KPU Jatim, rata-rata proses rekap surat suara selesai menjelang pagi.

"Jadi rata-rata selesai kawan-kawan ini subuh. Bahkan ada yang sampai jam 7 pagi. Ada yang jam 8 pagi. Cuman kisaran rata-rata ada yang jam 2 sampai jam 3 pagi. Dan itu tidak termasuk mengantar ke kelurahan ke PPS," jelas Anam.

Terkait honor, Anam juga memastikan sudah diterima di lapangan sebesar Rp 500 ribu dengan dipotong pajak. Hak mereka diberikan sebelum pemungutan diberikan.


Berikut Data Badan ADHOC yang wafat saat bertugas di Jatim,

1. Kabupaten Jombang
Iqbal, tenaga pendukung KPU Jombang. Meninggal karena kecelakaan setelah pulang dari gudang logistik jam 03.00 dini hari.

2. Kabupaten Blitar
Joko Priyo Seputro Ketua PPS Kendalrejo, Srengat Blitar.

3.Kota Mojokerto
Ismani, Linmas dari TPS 3 Kelurahan Surodinawan, meninggal saat mengantarkan kotak suara ke kelurahan dengan menggunakan mobil pikap, ketika naik kondisi korban baik-baik saja, tapi memang punya riwayat penyakit jantung. Ketika tiba di Kelurahan kondisinya sudah meninggal.

4. Kota Malang
Agus anggota KPPS 04 TPS 04 Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru meninggal dunia setelah mengantarkan logistik ke Kelurahan.

5. Kabupaten Sumenep
Asnawi, Anggota PPS Desa Longos Kec. Gapura.

6. Kabupaten Sumenep
Syaiful, Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) 03, Desa Tamidung, Kecamatan Batang-Batang, Sumenep

7. KABUPATEN PROBOLINGGO
Ajis, TPS 01 Menyono Kuripan Probolinggo meninggal di ruang ICU RS Dharma Husada Kota Probolinggo (meninggal dunia hari Kamis, 18 April 2019) .

8. LUMAJANG
Petugas Ketertiban TPS 24 desa Pulo Kec.tempeh meninggal dunia (17/4) saat bertugas.

9. KOTA SURABAYA
Badrul Munir, anggota KPPS 19 Kelurahan Kedung baruk Kecamatan Rungkut, Meninggal di rumah sakit, setelah pelaksanaan penghitungan pingsan lalu dibawa ke rumah sakit dan wafat 12 jam berikutnya meninggal di rumah sakit.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed