DetikNews
Sabtu 20 April 2019, 13:45 WIB

Polisi Kawal dan Amankan Rekapitulasi Surat Suara 24 Jam

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Polisi Kawal dan Amankan Rekapitulasi Surat Suara 24 Jam Polisi siaga 24 jam selama rekapitulasi (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Gresik - Polisi bersama TNI di Gresik mengawal proses rekapitulasi surat suara Pemilu 2019. Pengawalan dan kesiagaan dilakukan 24 jam.

"Bahwa PPK semua kecamatan dijaga ketat oleh anggota TNI Kodim 0817 dan Polres Gresik dengan bersenjata lengkap, untuk mengamankan kota suara dan proses rekapitulasi di tingkat PPK," kata Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro kepada detikcom, Sabtu (20/4/2019).

Polisi sendiri melakukan patroli dalam kesiapsiagaan selama 24 jam tersebut. Dalam patroli ini Wahyu memantau PPK di Kota Gresik hingga PPK di kecamatan terluar yang berbatasan dengan Kabupaten Lamongan, Sidoarjo, dan Mojokerto.


"Tugas kami belum selesai. Sekarang masih proses rekapitulasi di tingkat PPK, nantinya rekan-rekan yang PAM TPS harus melaksanakan tugas hingga pergeseran dari PPK hingga ke KPU. Petugas harus siaga 24 jam di PPK jangan sampai lengah," lanjut Wahyu.

Wahyu juga mengingatkan kepada jajarannya dalam pengamanan rekapitulasi di tingkat PPK. Sebab saat ini kedua kubu saling klaim menang.

"Mengingatkan agar tetap body sistem, serta standby senjata pada pelakasanaan PAM di gudang logistik pemilu 2019 di PPK Driyorejo," ujar Wahyu.

Baca juga: Polisi Kawal Ketat Rekapitulasi Hingga Tingkat PPKSebelumnya Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan menginstruksikan kepada seluruh Kapolres di jajaran Polda Jatim, untuk menjaga kotak suara selama proses rekapitulasi di PPK. Pihaknya juga akan menindak tegas jika ada yang menganggu proses rekapitulasi.


"Mulai malam ini seluruh personel saya perintah all out dengan SOP yang telah ditentukan dan bersenjata. Saya sudah perintahkan apabila ada yang menganggu proses perhitungan akan kita tindak tegas," kata Luki.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed