DetikNews
Jumat 19 April 2019, 21:33 WIB

Kiai Sepuh Sayangkan Amien Rais yang Sebut Prabowo Unggul di Jatim

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Kiai Sepuh Sayangkan Amien Rais yang Sebut Prabowo Unggul di Jatim Amien Rais (Foto: Tangkapan layar video)
Surabaya - Para Kiai Sepuh se-Jawa Timur berkumpul di Rumah salah satu Ketua PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Dlaam pertemuan itu para kiai sepuh juga menyinggung tentang video viral Mantan Ketua MPR Amien Rais.

Dalam video itu Amien Rais menyebut hasil pemilihan presiden 2019 di Jawa Timur dimenangkan oleh pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Terus terang para kiai juga menyayangkan Pak Amien yang mengeluarkan pernyataan tergesa-gesa sebelum ada pernyataan KPU, jangan-jangan nanti keliru lagi seperti kasus Ratna Sarumpaet, yang begitu tergesa-gesa ternyata hoax," kata Gus Ipul, tuan rumah acara, Jumat, (19/4/2019).

Video bedurasi 1.31 menit itu viral di dunia maya. Video itu memperlihatkan Amien Rais mengatakan adanya hasil Real Count tiga lembaga yang usdah terakreditasi Bawaslu menyampaikan hasil yang menurut dia perolehan Prabowo-Sandi di Jawa Timur menang lebih dari 50 persen.


"Bukan quick count lagi tapi real count, tiga lembaga yang terakreditasi oleh bawaslu mengatakan 02 menang di Jawa Timur, bukan Madura bukan Banyuwangi bukan Situbondo, seluruh Jawa Timur kita menang 50 persen lebih. Jadi si Joko (Jokowi) ini cuma menang di Jawa Tengah, Bali, NTT, kemudian daerah kecil-kecil, Jogja juga menang lainnya alhamdulillah kalah semua," kata Amien dalam video tersebut.

Terkait video ini, para kiai sepuh berharap Amien Rais bisa segera mengoreksi dan menunggu seluruh proses penghitungan suara di KPU. "Apa ndak sebaiknya Pak Amien mengoreksi pernyataan itu sebelum menimbulkan kegaduhan lebih jauh," kata Gus Ipul mewakili para kiai sepuh.

Video Amien ini, kata Gus Ipul, juga sempat menjadi bahan pembicaraan beberapa Kiai Sepuh Jawa Timur yang hari ini berkumpul di rumah Gus Ipul, Perumahan The Gayungsari, Surabaya.

"Tadi, saat pertemuan dengan kiai-kiai juga disinggung dan banyak kiai yang menyayangkan pernyataan Pak Amin Rais itu," kata Gus Ipul.


Sekadar diketahui, puluhan Kiai Sepuh se Jawa Timur baik itu pendukung 01 maupun 02 berkumpul di rumah Gus Ipul untuk bermusyawarah menanggapi permasalahan bangsa paska pemilihan presiden.

Hadir dalam pertemuan para kiai ini di antaranya adalah Pengasuh Pesantren Lirboyo Kediri KH Anwar Manshur dan KH Abdullah Kafabihi; Pengasuh Pesantren Miftachussunnah Surabaya KH Miftahul Ahyar; Pengasuh Pesantren Ploso Kediri, KH Zainuddin Djazuli dan KH Nurul Huda Djazuli; serta Pengasuh Pesantren Sidogiri, Pasuruan KH Nawawi Abdul Djalil.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed