DetikNews
Kamis 18 April 2019, 18:07 WIB

Rekapitulasi Tingkat Kecamatan, KPU Surabaya Pakai Sistem Pararel

Amir Baihaqi - detikNews
Rekapitulasi Tingkat Kecamatan, KPU Surabaya Pakai Sistem Pararel Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Surabaya - KPU Surabaya akan melakukan rekapitulasi suara Pemilu 2019 dengan menggunakan sistem pararel. Rekapitulasi itu akan dilakukan di tingkat kecamatan besok.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Surabaya M Gufron mengatakan, setelah penghitungan suara di TPS, pihaknya kini tengah mempersiapkan rekapitulasi di tingkat kecamatan dengan menggunakan sistem 2 sampai 4 pararel atau kelompok

"Setelah penghitungan suara di TPS itu kemudian teman-teman mempersiapkan rekapitulasi di tingkat kecamatan penghitungan suara manual. Jadi posisinya sekarang persiapan menyusun rekap di tingkat kecamatan," kata Gufron kepada detikcom di kantor KPU Surabaya, Kamis (18/4/2019).


Sistem penghitungan pararel merupakan sistem baru dalam Pemilu. Surat suara tidak lagi dihitung di kelurahan melainkan langsung dibawa ke kecamatan.

Sistem yang dimaksud berupa pembagian kelompok. Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) akan dibagi maksimal empat kelompok penghitungan untuk menghitung surat suara. Selain anggota PPK, pada setiap kelompok juga akan ada saksi dari Bawaslu dan saksi dari masing-masing partai politik.


"Yang dipersiapkan pertama adalah tempat atau lokasi dengan sistem pararel itu akan merekap setiap kelurahan bahkan di setiap kecamatan Surabaya akan menggunakan minimal 2 pararel sampai maksimal 4 pararel," lanjut Gufron.

Pada penghitungan di tingkat kecamatan nanti, tambah Gufron, pihaknya juga telah membuat surat undangan bagi para peserta pemilu. Dan rencananya penghitungan akan dimulai besok.

"Rekap di kecamatan Insya Allah akan dilakukan besok. Yang di tingkat TPS sudah semua selesai penghitungan cuma penyampaian kotak yang dari kelurahan ini ada yang belum selesai cuma beberapa. Tapi secara keseluruhan sudah dikirim ke kecamatan," pungkas Gufron.



Tonton juga video Rekapitulasi Suara Nasional Berlangsung 25 April-22 Mei 2019:

[Gambas:Video 20detik]


(sun/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed