DetikNews
Rabu 17 April 2019, 14:04 WIB

Di Mojokerto, Khofifah Ajak Warga Jatim Jaga Kondusivitas Usai Quick Count

Enggran Eko Budianto - detikNews
Di Mojokerto, Khofifah Ajak Warga Jatim Jaga Kondusivitas Usai Quick Count Foto: Enggran Eko Budianto
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Mojokerto - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengajak warga menjaga kondusivitas pasca quick count maupun real count. Itu setelah MK memutuskan hitung cepat (quick count) sementara digelar setelah pukul 15.00 WIB.

Hal itu dikatakan Khofifah saat monitoring proses pemungutan suara di TPS 07 yang menempati Gedung Pertemuan S Ramlan, Jalan Empunala, Kelurahan Balongsari, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto.

"Mudah-mudahan kita bisa menjaga keberseiringan antara hak pilih yang sudah kita salurkan di TPS dan kita menjaga keamanan, kedamaian dan suasana yang kondusif pada saat penghitungan nanti. Tak sekadar quick count, tapi juga penghitungan di tingkat TPS, PPK dan KPUD," kata Khofifah di lokasi, Rabu (17/4/2019).

Saat monitoring di TPS 07, Khofifah didampingi Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari atau Ning Ita, Wakil Wali Kota Achmad Rizal Zakaria, Kajari Kota Mojokerto Halila Rama, serta Ketua KPU Kota Mojokerto Amin Sholihin. Ketum PP Muslimat NU sempat berbincang dengan KPPS TPS 07.

Khofifah menjelaskan, untuk menjaga Pilpres dan Pileg 2019 berjalan aman dan damai, Forkopimda Jatim telah melakukan koordinasi intensif. Koordinasi tersebut melibatkan Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jatim, Kajati Jatim, serta Ketua KPU dan Bawaslu Jatim.

Selain itu sebelum hari pemungutan suara, berbagai forum doa bersama juga telah digelar agar Pemilu 2019 berjalan aman dan damai. "Tolong sampaikan pesan aman, damai dan kondusif kepada masyarakat, terutama kepada warga Jawa Timur," terangnya.

Monitoring yang dilakukan Khofifah hari ini menyasar 4 daerah di Jatim. Mulai dari Jombang, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Sidorajo, hingga Surabaya. Dia berharap Pemilu berjalan damai hingga tahap penghitungan suara nanti.

"Mudah-mudahan sampai penghitungan berjalan aman dan kondusif," tandasnya.

MK membuat putusan baru terkait quick count di Pemilu 2019. Dalam putusan yang diketok pada Selasa (16/4/2019) pagi, sembilan hakim MK memutuskan hitung cepat baru boleh dilakukan pukul 15.00 WIB. Sementara Pemilu sebelumnya hitung cepat bisa digelar sejak pagi. []
(fat/fat)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed