DetikNews
Senin 15 April 2019, 17:47 WIB

Mangkir 3 Kali Sidang, Kuasa Hukum Minta Rian Subroto Dijadikan DPO

Deny Prastyo Utomo - detikNews
Mangkir 3 Kali Sidang, Kuasa Hukum Minta Rian Subroto Dijadikan DPO Muncikari Intan Permatasari Winindya alias Nindy saat disidang (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Surabaya - Sudah ketiga kalinya Rian Subroto pengguna jasa Vanessa Angel mangkir dalam sidang. Kuasa hukum muncikari meminta hakim menetapkan status DPO kepada Rian.

"Karena Rian ini adalah alat bukti yang pertama di persidangan terkait perkara ini. Kami memohon kepada majelis Hakim memerintahkan kepada JPU untuk dijadikan sebagai DPO karena tidak hadir selama tiga kali, sesuai dengan Pasal 244 KUHP bisa dengan ancaman 9 bulan," kata Franky Desima Waruwu, Kuasa Hukum Endang Suhartini alias Siska, di sela persidangan yang digelar tertutup di ruang Sidang Garuda 1, Senin(15/4/2019).

Sementara itu usai persidangan Kuasa Hukum Tentri Novanto, Robert Mantinia, mengatakan majelis hakim telah meminta JPU untuk menghdirkan saksi Dhani dan Rian Subroto pada sidang mendatang. Sebab kehadiran mereka adalah menjadi saksi kunci.


Dhani merupakan orang yang menawari Rian prostitusi online yang melibatkan artis dan menjadi perantara mencari sang artis.

"Hari ini sidang sudah jelas, habis persidangan tadi, Hakim memerintahkan secara paksa kepada JPU untuk menghadirkan saksi Rian Subroto. Di persidangan sudah jelas dan terang bederang kasus ini," kata Robert.

Robert mengatakan Endang Suhartini alias Siska dan Intan Permatasari Windiya alias Nindy tidak kenal denga sosok Rian Subroto. Selanjutnya terkait transaksi uang ke muncikari tidak jelas siapa pengirimnya. Fakta di persidangan menurut Robert, yang melakukan transaksi bukanlah sosok Rian Subroto.

"Yang transaksi semua tidak jelas dari siapa. Tahu-tahu ada transfer. Transfer dari si A itu bukan dari Rian lho itu, nama lain bukan nama Rian. Di sini tadi terbongkar di persidangan. Tentri menceritakan bukan Rian yang transfer tapi atas nama orang lain," ujar Robert.

Saat ditanya mengunakan nama siapa dalam melakukan transfer uang untuk membooking? Robert mengaku mengunakan nama lain bukan atas nama Rian.


"Nama orang Tionghoa. Hakim sempat kaget yang tranfer kok bukan Rian Subroto," jelas Robert

Dalam persidangan, dijelaskan oleh Robert Majelis Hakim tidak mengacu pada BAP pada penyidik, melainkan fakta hukum, fakta persidangan dan saksi-saksi yang dihadirkan. Robert juga menyakini jika dalam kasus ini kliennya akan bebas.

"Namanya ada, tapi tidak bisa dibuktikan, penyewa dan pengunanya juga tidak bisa dihadirkan," tandas Robert.


Tonton juga video Mantan Pacar Vanessa Angel Pertanyakan Sosok Rian Subroto:

[Gambas:Video 20detik]


(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed