DetikNews
Senin 15 April 2019, 17:20 WIB

Ciptakan Lagu Religi, Cara Polisi Jombang Bentengi Milenial dari Narkoba

Enggran Eko Budianto - detikNews
Ciptakan Lagu Religi, Cara Polisi Jombang Bentengi Milenial dari Narkoba Polisi Jombang ciptakan lagu religi/Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang - Selain melalui penegakan hukum, polisi menekan penyalahgunaan narkotika di Jombang dengan cara persuasif. Petugas menciptakan lagu religi yang menggambarkan bahaya menggunakan narkoba. Melalui lagu ini, polisi ingin mengajak kaum milenial menjauhi narkoba.

Cara nyeleneh inilah yang dilakukan Kasatreskoba Polres Jombang AKP Mukid. Dia menciptakan sebuah lagu religi berjudul Bertaubat.

Lagu bergenre pop ini telah selesai dia garap bersama D'Kobra Band, sebuah grup band binaannya sendiri. Tak hanya aransemen, video klip lagu ini telah tuntas dan dia viralkan melalui berbagai media sosial. Salah satunya melalui youtube yang sampai saat ini telah dilihat 3 ribu lebih netizen.

"Karena sekarang zamannya medsos, 90 persen kaum milenial menggunakan ponsel pintar. Penyuluhan model lama kurang mengena, maka saya gunakan penyuluhan via medsos menguunakan lagu religi ini," kata Mukid kepada detikcom, Senin (15/4/2019).

Lagu religi ini, lanjut Mukid, dia garap selama 3 pekan. Lirik lagu berjumlah 4 bait tersebut menggambarkan dampak hukum yang harus dijalani setiap pengguna maupun pengedar narkoba.

"Melalui lagu ini kaum milenial supaya paham betul dampak narkoba. Ke depan kami akan penyuluhan ke sekolah-sekolah dengan memutar lagu ini," terangnya.

Mukid mengakui, peredaran narkotika di Kota Santri saat ini semakin mengkhawatirkan. Menurut dia, diperlukan kerja keras semua pihak untuk menekan peredaran barang haram tersebut. Karena kini peredaran narkoba semakin luas dan menyasar semua kalangan.

Proses syuting video klip lagu Bertaubat/Proses syuting video klip lagu Bertaubat/Foto: Enggran Eko Budianto

Sejak awal tahun sampai saat ini, kata Mukid, Polres Jombang telah mengungkap 98 kasus penyalahgunaan narkoba. Sebanyak 116 tersangka telah diringkus. Sementara barang bukti yang disita berupa 61,39 gram sabu dan 36.822 butir dobel L.

"Penyalahgunaan narkoba di Jombang mulai meningkat. Mayoritas tersangka dari luar daerah masuk untuk mengedarkan di Jombang. Oleh sebab itu, para kaum milenial kami pagari supaya tahan terhadap godaan narkoba," tandasnya.

Lirik lagu Bertaubat

Ketika kita saling berjumpa
Senyummu indah nan bersahaja
Butiran kasih yang kau berikan
Menjadikan hidupku bahagia

Namun kini semua berbeda
Setelah ku mengenal Narkoba
Hidupku yang penuh hina
Tersiksa di dalam penjara

Oh Tuhan tolong lah hambaMu ini
Yang kini telah berdosa kepadaMu
Oh Tuhan lindungilah aku ini
Yang kini menderita

Ku akan berserah diri
Bersujud dan bertaubat kepadaMu
Ku mohon ampunilah aku ini
Tuhanku Ilahi Rabbi
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed