DetikNews
Senin 15 April 2019, 12:53 WIB

Caleg Pemasang Bandel, Bawaslu Lamongan Lanjutkan Penertiban APK

Eko Sudjarwo - detikNews
Caleg Pemasang Bandel, Bawaslu Lamongan Lanjutkan Penertiban APK Panwascam Paciran sedang menertibkan APK bersama Satpol PP/Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Bawaslukab Lamongan meneruskan penertiban alat peraga kampanye (APK) yang masih terpasang di sejumlah titik. Pihaknya juga menyoroti soal Formulir C6 yang belum sampai ke pemilih.

"Untuk hari ini kami masih meneruskan penertiban APK bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) yang masih terpasang, baik calon perseorangan, parpol atau pasangan calon," kata Ketua Bawaslukab Lamongan Miftahul Badar pada detikcom, Senin (15/4/2019).

Menurut Badar, pihaknya masih meneruskan penertiban karena masih banyak APK yang tidak diturunkan sendiri oleh pemasang. Padahal Bawaslukab sudah mengirimkan pemberitahuan kepada tim kampanye maupun pemasang untuk melakukan penertiban sendiri.


"Banyak sekali APK yang tidak ditertibkan sendiri oleh pemasang. Hari ini menertibkan yang masih tersisa, dari giat penertiban kemarin," imbuhnya.

Terlepas dari soal APK, hasil pengamatan di lapangan menunjukkan masih banyak masyarakat pemilih yang belum menerima undangan untuk mencoblos atau formulir C6. Menanggapi hal itu, Badar meminta agar KPU beserta jajarannya segera mengirimkan formulir C6 tersebut ke pemilih.


"Hasil pengawasan kami, masih ada formulir C6 yang belum juga sampai ke pemilih," tambahnya.

Sementara Komisioner KPU Lamongan MH Fathurahman mengatakan, pihaknya telah siap untuk menggelar pemungutan suara Pemilu 2019 pada 17 April mendatang. "Semua logistik pemilu telah terkirim ke kecamatan dan surat suara pengganti kerusakan juga sudah terkirim," lanjutnya.

Mengenai adanya warga yang belum menerima undangan pemungutan suara atau formulir C6, Fathur menyampaikan jika semuanya akan terselesaikan sebelum hari pencoblosan. "Kami akan segera mengirimkan formulir C6 tersebut, karena sesuai aturan C6 waktunya kan maksimal H-1," pungkasnya.
(sun/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed