DetikNews
Senin 15 April 2019, 12:05 WIB

Waspada Cuaca Ekstrem 3 Hari ke Depan di Jatim, Angin Kencang Hingga Hujan Es

Amir Baihaqi - detikNews
Waspada Cuaca Ekstrem 3 Hari ke Depan di Jatim, Angin Kencang Hingga Hujan Es Peringatan cuaca ekstrem dari BMKG Juanda Surabaya/Foto: Istimewa
Surabaya - BMKG Surabaya memberi peringatan dini 3 harian terkait intensitas hujan, petir dan angin kencang. Cuaca ekstrem diperkirakan akan terjadi tanggal 15, 16, dan 17 April, merata di seluruh daerah Jawa Timur.

"Kalau secara umum kita masih memasuki masa transisi terutama Sidoarjo-Surabaya. Kondisi hujan di bulan-bulan April ini masih ada," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda, Surabaya, Teguh Tri Susanto kepada detikcom, Senin (15/4/2019).


Menurut Teguh sama seperti di Surabaya dan Sidoarjo, hampir seluruh wilayah di Jatim juga masih mengalami masa transisi musim. Sehingga potensi hujan ringan dan lebat masih akan terjadi.

"Kalau secara umum untuk wilayah Jawa Timur masih berada pada masa peralihan musim. Dari musim penghujan ke musim kemarau. Masih ada potensi terjadi hujan ringan hingga lebat di beberapa daerah Jawa Timur," terang Teguh.


Untuk itu, Teguh mengimbau masyarakat agar tetap waspada dengan potensi cuaca ekstrem yang kemungkinan terjadi. Terutama untuk 3 hari ke depan.

"Berdasarkan data historis kami, banyak potensi cuaca ekstrim seperti hujan lebat, hujan es, puting beliung, dan lain-lain terjadi pada masa peralihan musim," pungkas Teguh.
(sun/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed