DetikNews
Senin 25 Maret 2019, 10:24 WIB

Wow.. KPUD Ponorogo Temukan Ribuan Pemilih Ber-Tanggal Lahir Sama

Charolin Pebrianti - detikNews
Wow.. KPUD Ponorogo Temukan Ribuan Pemilih Ber-Tanggal Lahir Sama KPUD Ponorogo/Foto: Charolin Pebrianti
Ponorogo - KPUD Ponorogo mencatat ada 2.900 pemilih bertanggal lahir sama. Terdiri dari 1.200 orang bertanggal lahir 1 Juli, 1.000 orang bertanggal lahir 1 Januari dan 700 orang bertanggal lahir 31 Desember.

"Memang benar kami temukan warga yang masuk DPT punya tanggal lahir sama," tutur Komisioner KPUD Ponorogo Divisi Data Munajat saat dihubungi detikcom, Senin (25/3/2019).

Munajat menambahkan meski memiliki tanggal lahir sama, para peserta memiliki tahun lahir yang berbeda. Sekaligus saat dilakukan coklit, mereka pun ada dan masih hidup.

"Jadi bukan data asal, ada orangnya. Saat dicoklit memang benar ada orangnya," terang dia.


Guna menghindari kecurangan, lanjut Munajat, pihaknya bersama tim 01 dan 02 melakukan sampling bersama Bawaslu. Ada 5 kecamatan yang dipilih, Ponorogo, Jenangan, Babadan, Sambit dan Siman.

"Saat dicek pun mereka ini beda-beda orang dan beda lokasi, jadi data ini real di lapangan," jelasnya.

Menurutnya, selain bertanggal lahir sama, KPU juga menemukan ada 13 orang di bawah usia 17 tahun, namun punya hak pilih. Alasannya karena warga ini telah menikah tapi memang usianya di bawah 17 tahun.

"Ada laki-laki dan perempuan mereka masuk DPT meski di bawah usia 17 tahun karena sudah menikah," tandas dia.

Data dari KPUD Ponorogo untuk Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) sebanyak 752.336 pemilih. Termasuk di dalamnya ada pemilih bertanggal lahir sama, berusia di bawah 17 tahun dan sudah menikah sehingga memiliki hak pilih.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed