DetikNews
Selasa 19 Maret 2019, 21:12 WIB

Meski Tak Ada Kerusakan, Gempa 3,5 M di Kediri Bikin Warga Cemas

Andhika Dwi Saputra - detikNews
Meski Tak Ada Kerusakan, Gempa 3,5 M di Kediri Bikin Warga Cemas Ilustrasi gempa (Foto: Mindra Purnomo)
Kediri - Gempa bumi magnitudo 3,5 yang terjadi di Kediri membuat sebagian warga khawatir. Gempa bersamaan dengan hujan lebat yang terjadi merata di wilayah kota maupun kabupaten Kediri.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) lewat akun Twitter resminya, @infoBMKG, menyebut gempa terjadi pada Selasa (19/3/2019) pukul 17.34 WIB.

"Pusat gempa berada di darat 10 Km Barat Daya Kota Kediri," tulis BMKG.

Pusat gempa ini berada di kedalaman 5 km. Sedangkan titik koordinat gempa berada di 7,87 lintang selatan dan 111,93 bujur timur.


Gempa dirasakan dalam skala MMI I-II di Kabupaten Nganjuk, Jatim. Skala I berarti getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang. Sementara skala II berarti getaran dirasakan beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Rasa khawatir dan cemas sempat dirasakan Anna Rully (36), warga Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri. Ia sedang berada di pelataran rumah ketika getaran yang dirasakan bersama kedua anaknya cukup membuat lampu bohlam yang menggantung di rumahnya bergoyang.

"Saya tadi sedang di rumah, di teras depan saat hujan deras. Ketika lampu bohlam bergoyang, saya sempat memeluk anak saya karena khawatir karena Kediri kan jarang ada gempa, sekitar 5-10 detik tadi saya rasakan getarannya," ucap Anna.


Sementara itu Menurut Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Kediri, Adhi Sutrisno, hingga saat ini dampak gempa baik korban jiwa maupun kerusakan blm ada laporan, baik di Kota Kediri maupun Kabupaten Kediri.

"Hingga saat ini dampak gempa baik korban jiwa maupun kerusakan belum ada laporan, baik di Kota Kediri maupun Kabupaten Kediri," jelas Adhi.

Kendati demikian Adhi berharap kepada warga masyarakat agar tetap waspada, terutama menghadapi cuaca hujan dengan intesitas lebat, karena segala sesuatu dapat terjadi.

"Gempa yg terjadi di sesar lokal artinya gempa dangkal dan masih satu garis lempeng dengan Kediri, kepada masyarakat agar selalu siaga waspada dan jangan percaya berita hoax tentang gempa susulan dan lainnya, sumber yg masih terpercaya yakni hanya dari BMKG atau BPBD setempat," imbuh Adhi.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed