Banjir Ngawi Surut, BPBD Catat 4.150 Rumah di 6 Kecamatan Terendam

Sugeng Harianto - detikNews
Minggu, 10 Mar 2019 15:20 WIB
BPBD Kabupaten Ngawi/Foto: Sugeng Harianto
Ngawi - Banjir menerjang 26 desa di enam kecamatan Kabupaten Ngawi, surut. BPBD Ngawi mencatat banjir menimpa rumah warga sebanyak 4.150 unit.

"Untuk data banjir di Ngawi total terbaru yang sudah masuk 26 desa di enam kecamatan. Untuk air sudah surut tinggal di genangan sawah saja," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Ngawi Teguh Puryadi kepada detikcom saat ditemui di kantornya, Minggu (10/3/2019).

Banjir dari luapan Sungai Madiun itu, jelas Teguh, ada 4.607 jiwa diungsikan ke tempat aman sejak Rabu (6/3). Kini, pengungsi yang sudah 3 hari menginap di pengungsian dipulangkan, Sabtu (9/3).

"Untuk pengungsi 4.607 jiwa sudah pulang ke rumahnya masing-masing dan saat ini kita masih tetap siaga tanggap darurat," ujarnya.

Teguh mengungkapkan dari enam kecamatan itu wilayah paling parah yakni Kecamatan Kwadungan menerjang 10 desa dengan ketinggian mencapai 50 cm hingga 2 meter. Dari 10 desa di Kecamatan Kwadungan meliputi Desa Purwosari, Tirak, Sumengko, Simo, Dinden dan Waruk Kalong. Sedangkan empat desa lain di Kecamatan Pangkur ada di Desa Plesetan, Waruk Tengah, Babadan, dan Gambar.

"Paling parah Kecamatan Kwadungan ada 10 desa ketinggian mencapai 2 meter," tandasnya.

Teguh menambahkan saat ini pihaknya masih mendata kerugian akibat bencana banjir yang melanda 26 desa di enam kecamatan di Kabupaten Ngawi.



Simak Juga 'Saat Jokowi Meninjau Proyek Penangkal Banjir Bandung':

[Gambas:Video 20detik]

(fat/fat)