detikNews
Selasa 05 Maret 2019, 17:35 WIB

Ketika Direktur PLN Datang ke SMP Tempat Ia Dulu Menimba Ilmu

Muhammad Aminudin - detikNews
Ketika Direktur PLN Datang ke SMP Tempat Ia Dulu Menimba Ilmu Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Direktur Regional Bagian Tengah PT PLN Amir Rosidin berbagi kisah tentang perjalan kariernya di salah satu BUMN itu. Ia memotivasi pelajar dalam program 'PLN Mengajar' di sebuah SMP tempat dulu ia mengenyam pendidikan.

"Saya dulu sekolah di sini. Masih ingat betul bagaimana saya menghabiskan masa SMP, sebelum kemudian bersekolah di SMA Negeri 3 Malang," kata Amir di Aula SMP Negeri 6 Kota Malang, Selasa (5/3/2019).

Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 100 pelajar yang duduk di kelas 7 dan 8. Kemudian hadir pula Kadiknas Kota Malang Zubaidah, Kasek SMPN 6 Risna Widyawati dan alumni angkatan Amir.

Di hadapan para pelajar, Amir bercerita mengenai perjalanan kariernya hingga menjadi Direktur Regional Bagian Tengah PT PLN (Persero). Jadi setelah lulus dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Amir mendaftar ke PLN.


"Pertama kerja, saya ditugaskan di DKI Jakarta sampai 15 tahun. Jadi saya hapal suplai listrik di sana. Setelah itu dipindah ke NTT dan alhamdulillah saya kemudian dipilih menjadi salah satu direksi di PLN," imbuh Amir disambut tepuk tangan pelajar.

Ia kemudian menyinggung soal BUMN yang harus memberikan kontribusi kepada negeri. Pemerintah telah berkomitmen target rasio elektrifikasi nasional sebesar 99,9 persen.

"Jadi di tahun 2019, 99,9 persen Indonesia harus teraliri listrik, itu menjadi komitmen pemerintah," tambahnya.

Amir juga memberikan kesempatan bagi pelajar yang ingin bertanya. Bahkan ia mencoba memeriahkan suasana dengan memberikan kuis dadakan.


Para pelajar saling berebut untuk menjawab pertanyaan yang dilontarkan Amir. Beberapa pertanyaan yang dilempar seperti berapa pendapatan PLN per tahun, jabatan Amir saat ini dan Menteri BUMN yang dikenal oleh pelajar.

Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Kota Malang Risna Widyawati mengaku bangga, sekolah yang kini dipimpinnya melahirkan sosok sukses seperti Amir. "Kami sangat berharap success story Pak Amir bisa memotivasi para pelajar. Mereka pasti belum tahu sebelumnya, jika alumni SMP Negeri 6 menjadi direksi PLN," ujar Risna terpisah.

Sebelum berbagi kisah pada siswa, PLN juga memberikan paket sembako untuk masyarakat kurang mampu yang tinggal di sekitar SMP Negeri 6 Kota Malang. "Kami juga bagikan 150 paket sembako ke masyarakat sekitar," tandasnya.



Tonton juga video Kabel Listrik Terbakar, PLN Investigasi Penyebabnya:

[Gambas:Video 20detik]


(sun/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com