detikNews
Rabu 20 Februari 2019, 11:11 WIB

TNI Manunggal Membangun Desa Jadi Perhatian Khofifah

Hilda Meilisa - detikNews
TNI Manunggal Membangun Desa Jadi  Perhatian Khofifah Foto: Hilda Meilisa Rinanda
Surabaya - Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi markas Kodam V/Brawijaya. Menemui Panglima Kodam V/Brawijaya, Khofifah menyoroti program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Khofifah mengatakan pihaknya akan menjalin sinergitas dengan TNI untuk program TMMD.

"Jadi kebetulan pada saat saya di Kemensos, saya bersyukur bahwa Pak Kasad waktu itu menjadikan Kementerian Sosial di sektor dari TMMD, 2 tahun yang lalu," kata Khofifah di Makodam V/Brawijaya Surabaya, Rabu (20/2/2019).

Dia mengatakan program TMMD ini akan menjadi perhatian dari Pemprov juga. Nantinya, Pemprov akan mengoordinasikan di titik atau desa mana saja yang akan dimasuki program ini.


"Kebetulan pada bulan ini juga ada TMMD nanti titik-titiknya kami akan koordinasi, jadi karena serentak saya akan minta secara teknis. Misalnya Gubernur akan bersama-sama membuka TMMD di mana selama menjadi perhatian," lanjutnya.

Sementara itu, pada pertemuan yang berlangsung selama satu jam ini, Khofifah ingin meningkatkan sinergitas. Pasalnya, Pemilu dengan segala antisipasinya sudah di depan mata.

"Ini bagian penting untuk membangun komunikasi, sinergitas dan koordinasi berikutnya bahwa satu kesatuan, Forkopimda Provinsi Jawa Timur harus terbangun komunikasi yang sinergis, interaksi yang signifikan apalagi menjelang 17 April. Saya rasa sangat banyak hal yang kita harus lakukan koordinasi agar semua berjalan baik, proses demokrasi berjalan baik dan kita semua bisa menyiapkan layanan terbaik untuk masyarakat Jawa Timur," papar Khofifah.

Sementara itu, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI R Wisnoe PB mengatakan pihaknya siap untuk membantu polisi dalam pemgamanan menjelang hingga pascapemilu.


"Pertemuan seperti yang dijelaskan tadi melanjutkan semua sinergitas yang sudah terjalin selama ini. Kita siap membantu polisi, di bawah kendali operasi kepolisian. jadi sebagai komandannya nanti kepolisian kita memberi bantuan," kata Wisnoe.

Selain itu, Wisnoe mengatakan pihaknya telah menyiapkan segala pasukan. Baik TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, hingga Angkatan Udara.

"Semua TNI yang disini siap semua, AL, AU, ndak bisa darat pakai laut, ndak bisa laut pakai udara. Semua oke," pungkasnya.


Simak Juga 'Di 33 Hari Pertama, Khofifah-Emil Fokus di Aspek Ini':

[Gambas:Video 20detik]



(hil/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com