DetikNews
Selasa 19 Februari 2019, 20:00 WIB

Sebut Rp 11.400 T di Luar Negeri, Prabowo: Menkeu Kabinet Jokowi Mengakui

Amir Baihaqi - detikNews
Sebut Rp 11.400 T di Luar Negeri, Prabowo: Menkeu Kabinet Jokowi Mengakui Foto: Amir Baihaqi
Surabaya - Capres Prabowo Subianto kembali mengungkapkan data bahwa saat ini harta warga negara Indonesia sebesar Rp 11.400 triliun berada di luar negeri. Tak hanya itu, ia mengklaim data tersebut juga sudah diakui oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Data-data angka-angka menunjukkan kekayaan kita mengalir keluar. Pemerintah yang sekarang mengakui sendiri, menteri keuangan dari kabinet ini mengakui bahwa ada Rp 11.400 triliun uang Indonesia di luar negeri," kata Prabowo saat memberikan pidato di hadapan Jamiyah Thoriqoh Syathoniyah, Surabaya, Selasa (19/2/2019).

Uang itu, lanjut Prabowo, dibandingkan semua uang yang ada di bank-bank di dalam negeri jumlahnya dua kali lipat.


"Uang di dalam negeri di semua bank hanya Rp 5.465 triliun sekitar itu lah. Mungkin datanya naik turun sekian ratus miliar. Jadi di luar uang dua kali lipat di dalam negeri," terang Prabowo.

"Artinya memang mengalir keluar kekayaan kita. Tidak tinggal di Indonesia. Tidak mungkin Indonesia makmur, bukan Prabowo pesimis tapi kita dengan putra-putri terbaik akan mengubahnya," lanjutnya.

Karena itu, ia mengajak segenap putra dan putri bangsa untuk mengambil alih kekayaan itu. Selain itu, ia menawarkan berbagai swasembada yang akan dilaksanakan jika ia terpilih.


"Kami punya strategi, kami akan meminta Indonesia swasembada bahan pangan. Air, listrik kita akan turunkan harganya. Petani-petani kita akan beli siapa bisa senyum setiap panen. Kita akan melindungi nelayan-nelayan kita peternak-peternak kita," ujar Prabowo.

"Rakyat kita harus bisa makan telor makan daging dengan terjangkau kawan-kawan. Saya sudah pelajari ke negara-negara. Kita akan turunkan harga pokok, apa bisa? Bisa," tandasnya.
(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed