DetikNews
Selasa 19 Februari 2019, 09:35 WIB

Kuret, Mampukah Arumi Jalani Pelantikan Ketua PKK ?

Suki - detikNews
Kuret, Mampukah Arumi Jalani Pelantikan Ketua PKK ? Foto: Istimewa
Surabaya - Kabar duka datang dari keluarga kecil Wagub Jatim yang baru beberapa hari dilantik, Emil Elestianto Dardak. Sang istri Arumi Bachsin keguguran dan menjalani perawatan di RSIA Kendangsari, Surabaya, Senin (18/2) sore.

"Kebetulan tadi Mas Emil dari Polda terus kesini (RSIA), terus saya melanjutkan ke Kejati ya terus saya belok ke sini. Alhamdulillah sih sudah selesai, cepat. Mungkin tadi ada bleeding dikit gitu ya terus harus dikuret. Ada pendarahan sedikit gitu lah terus dibersihkan," kata Gubernur Khofifah Indar Parawansa saat menjenguk di RSIA Kendangsari Surabaya, Senin (18/2).

Senada dengan Khofifah, Emil Dardak juga mengabarkan jika sang istri tercinta baik-baik saja setelah kuret. Menurutnya, Arumi tengah hamil di trimester pertama atau di bawah tiga bulan, namun harus menjalani kuret.

"Beberapa waktu terakhir kita melakukan monitoring dan ternyata kondisi hari ini disarankan untuk dilakukan tindakan medis untuk memastikan keselamatan Arumi yang alhamdulillah berjalan dengan lancar," kata Emil di RSIA.


Saat ditanya apakah pendarahan Arumi Bachsin karena kecapekan, Emil mengatakan hal tersebut bukan faktor utama. Menurutnya, karena perkembangan embrio yang tidak bekerja, mau tidak mau janin tersebut harus dikeluarkan. Emil menyebut ada proses alami yang menyebabkan Arumi pendarahan.

"Ya itu tadi, ini ada kondisi bahwa perkembangan embrionya mungkin tidak sesuai dengan harapan sehingga tubuh memiliki mekanismenya sendiri biasanya di semester pertama. Tapi yang namanya mekanisme alami tidak 100 persen ideal sehingga dibantu dengan tindakan medis," kata Emil.

Emil juga bercerita, sang istri tercinta turut menemaninya dalam serah terima jabatan (sertijab) di Gedung DPRD Jatim, Senin (18/2). Dalam acara tersebut, Khofifah sempat menyinggung wajah Arumi yang tampak pucat.

"Jadi Mbak Arumi kan ikut kegiatan di DPRD, paripurna. Bu Khofifah juga bilang wajahnya agak pucat," imbuhnya.


Setelah acara di DPRD, Emil pun melanjutkan perjalanan ke Grahadi. Sedangkan Arumi pulang dan terjadi pendarahan.

"Nah selesai kami ke Grahadi, Mbak Arumi saya arahkan ke rumah, sampai di rumah terjadi pendarahan yang cukup banyak. Akhirnya langsung dibawa ke sini," lanjut Emil.

Khofifah berharap kondisi Arumi segera membaik. Terlebih, wanita berusia 24 tahun itu akan dilantik menjadi ketua Tim Penggerak PKK Jatim, Selasa (19/2/2019).

"Mudah-mudahan Mbak Arumi sudah bisa pelantikan sebagai ketua tim penggerak PKK Jawa Timur," kata Khofifah.


Khofifah khawatir karena pelantikan biasanya memakan waktu yang tak sebentar. Menurutnya itu karena ada sesi foto dan salam-salaman. "Saya sampaikan dokter saya takut kalau orang sedang salaman terus selfie-selfie nanti pas lupa. Oh endak kita dampingi, jadi akan didampingi itu sekadar untuk bisa memastikan semuanya berjalan baik," pungkasnya.


Tonton juga: Dikuret, Arumi Bachsin Keguguran

[Gambas:Video 20detik]




(fat/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed