DetikNews
Senin 11 Februari 2019, 18:40 WIB

Klaim 80% Habaib di Situbondo-Bondowoso Dukung Jokowi-Ma'ruf

Ghazali Dasuqi - detikNews
Klaim 80% Habaib di Situbondo-Bondowoso Dukung Jokowi-Maruf Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo - Jelang Pilpres April mendatang, klaim dukungan terhadap pasangan calon (Paslon) di Situbondo mulai menghangat. Senin (11/2/2019), sejumlah habaib di Situbondo berkumpul dan menegaskan dukungannya terhadap pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Bahkan, mereka mengklaim saat ini sudah ada sekitar 80% kalangan habaib di Situbondo dan Bondowoso yang mengarahkan dukungannya ke E paslon nomor urut 01 tersebut.

Tak heran, jika mereka berdecak optimis pasangan Jokowi dan Ma'ruf Amin akan meraup suara terbanyak dalam Pilpres mendatang. Baik di Kabupaten Situbondo maupun di Provinsi Jawa Timur.

"Di Situbondo dan Bondowoso sudah sekitar 80% habaib yang ke Pak Jokowi. Makanya, untuk Situbondo saya optimis Jokowi menang sekitar 60%. Kalau untuk Jawa Timur bisa di atas itu, karena kiai-kiai di Jawa Timur sudah banyak ke pak Jokowi," kata Tim Kampanye Nasional (TKN) Ma'ruf Amin, Habib Sholeh Al Muhdlar di lokasi pertemuan di Jalan Cinderawasih Situbondo, Senin (11/2/2019).

Habib Sholeh menambahkan, pihaknya terus melakukan konsolidasi untuk memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Tak hanya di kalangan para habaib saja, tetapi juga dengan para kiai Pondok Pesantren dan Kiai Kampung. Termasuk dengan sejumlah jaringan di bawah, yang telah memenangkan Khofifah Indar Parawansa saat Pilgub lalu.

"Alhamdulillah kemarin kita juga dapat dukungan dari keluarga besar Ponpes Syaikhona Kholil Bangkalan," tandas Habib Sholeh.

Bahkan, lanjut Habib Sholeh, pihaknya dalam waktu dekat akan deklarasikan dukungan para habaib se Indonesia kepada pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Deklarasi rencananya akan di Jakarta pada bulan Maret mendatang. Pihaknya memang tidak memaksa para habaib untuk ikut mendukung Jokowi. Namun, saat ini banyak para habaib yang berbondong-bondong mendukung Paslon nomor 01.

"Jika ada habaib yang tidak satu barisan, itu hak mereka. Kita tidak akan pernah memaksa. Tapi tolong kalau ada habaib mendukung pak Jokowi, jangan dipelintir dong. Emang mereka doang yang habib," tandasnya.

Salah satu habib asal Bondowoso, Habib Husin bin Muhdlar Al Muhdlar meminta, agar para habaib pandai dalam memilih pemimpin. Di antaranya harus orang yang baik, tekun ibadah, memikirkan rakyat, dan bekerja profesional. Semua kreteria itu ada pada sosok Jokowi - Ma'ruf Amin.

"Saya kira masyarakat kita sudah bisa merasakan dan menikmati hasil kerja Pak Jokowi. Baik itu infrastruktur, peningkatan ekonomi, dan lainnya," papar Habib Husin.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed