detikNews
Sabtu 09 Februari 2019, 18:57 WIB

36 Santri Ponpes di Madiun Keracunan Usai Santap Soto

Sugeng Harianto - detikNews
36 Santri Ponpes di Madiun Keracunan Usai Santap Soto Foto: Sugeng Harianto
Madiun - Puluhan santri Pondok Pesantren (Ponpes) Babussalam, Desa Mojorejo, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun dilarikan ke RSUD Batil Dolopo dan Puskesmas Gantrung. Jumlah santri mencapai 36 itu diduga mengalami keracunan usai menyantap soto.

"Betul ada sekitar 36 santri yang diduga keracunan pagi hari tadi kejadian. Untuk perawatan di RSUD Batil Dolopo dan Puskesmas Gantrung atas dugaan keracunan," terang Kapolsek Kebonsari, Sumardji kepada detikcom di kantornya, Sabtu sore (9/2/2019).

Diungkapkan Sumardji, dari keterangan saksi, puluhan santri tersebut pada Jumat (8/2/2019) malam secara bersama menyantap makan malam dengan menu soto. Namun lanjut Sumardji para santri itu mengalami gejala keracunan mual hingga muntah dan pusing saat pagi hari tadi.


"Tadi malam makan seperti biasa bersama-sama santri dan ustaz dengan menu soto. Tapi yang keracunan hanya santri saja. Yang tua tidak apa-apa," jelas Sumardji.

Sumardji menambahkan dari jumlah 36 santri yang di duga keracunan, kata Sumardji, hanya tinggal 11 santri yang masih menjalani perawatan. Sedangkan sebagian santri lanjut Sumardji telah diperbolehkan pulang.

"Saat ini tinggal 11 santri yang dirawat, untuk puskesmas Gantrung ada 8 dan di RSUD Batil Dolopo tinggal 3 saja," ujarnya.


Dari data yang dihimpun, selain makan soto para santri diduga juga menyantap cuci mulut berupa buah melon. "Infonya selain makan soto juga makan buah melon," pungkasnya.

Kejadian itu membuat polisi melakukan upaya penyelidikan atas penyebab dugaan keracunan dan akan memanggil juru masak dan pemasok buah melon.

Simak Juga 'Terekam CCTV, Santri Gadungan Pencuri Ponsel Dibekuk Polisi':

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com