detikNews
Selasa 29 Januari 2019, 08:39 WIB

Airbrush Jadi Hobi yang Mendulang Rezeki, Omzet Rp 17 Juta/Bulan

Muhajir Arifin - detikNews
Airbrush Jadi Hobi yang Mendulang Rezeki, Omzet Rp 17 Juta/Bulan Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Pelukis muda Pasuruan, Ibnu Aimin (30) mengembangkan hobi hingga meraup belasan juta rupiah per bulan. Hobi melukis dengan airbrush yang digeluti sejak 7 tahun terakhir ini banyak diminati.

"Awalnya saya melukis di kanvas. Melukis di kaos hanya karena hobi. Ternyata lama kelamaan banyak yang tertarik," kata Ibnu di galerinya di Jalan Bandeng, Kelurahan Kauman, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Selasa (29/1/2019).

Menurut Ibnu, awalnya hanya teman dan tetangga yang memesan. Namun karena cerita dari mulut ke mulut tersebar, kini pemesan terus bertambah. Bahkan, saat ini banyak pemesan yang datang dari media sosial.

Galeri milik Ibnu hampir tidak pernah sepi setiap harinya. Bahkan, pemesan rela antre menunggu sampai kaosnya selesai dilukis. Mereka sebagian besar datang dengan membawa kaos dan memilih gambar apa yang ingin dilukiskan. Menurut Ibnu, gambar wajah paling diminati.

"Rata-rata anak muda yang pesan. Pasangan muda-mudi minta gambar couple. Suporter bola juga banyak," tambah Ibnu.


Galeri Ibnu di Jalan Bandeng/Galeri Ibnu di Jalan Bandeng/ Foto: Muhajir Arifin


Ibnu menambahkan proses melukis kaos dengan airbrush sama dengan media lainnya. Pertama Ibnu membuat sketsa. Kemudian setelah sketsa dianggap sempurna, ia memberi penegasan dengan warna tententu. Airbrush di tangannya kemudian menari-nari hingga jadilah sebuah gambar sesuai keinginan.

Ibnu mengaku, setiap bulan bisa menerima rata-rata 100 pesanan. Dengan harga rata-rata Rp 170 ribu/kaos, Ibnu bisa meraup omzet Rp 17 juta/bulan. Selama ini dirinya bekerja dibantu satu temannya, mampu menyelesaikan 3 hingga 4 kaos per hari.

"Per kaos rata-rata (biayanya) Rp 170 ribu. Tergantung kesulitan dan ukuran," tandasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com