DetikNews
Sabtu 12 Januari 2019, 10:01 WIB

Hasil Autopsi, Bayi yang Dibuang di Kloset Tewas Akibat Dicekik

Adhar Muttaqin - detikNews
Hasil Autopsi, Bayi yang Dibuang di Kloset Tewas Akibat Dicekik Bayi setelah diautopsi (Foto: Adhar Muttaqin)
Tulungagung - Polisi memastikan kematian bayi yang dibuang di kloset Puskesmas Kauman akibat dicekik oleh ibu kandungnya. Kesimpulan itu didapatkan setelah dilakukan autopsi terhadap jenazah bayi.

Kasatreskrim Polres Tulungagung AKP Hendro Tri Wahyono mengatakan proses autopsi dilakukan di RSUD dr Iskak Tulungagung oleh tim dokter forensik Polda Jatim dari Rumah Sakit Bhayangkara Kediri. Dari situlah didapatkan sejumlah fakta terkait penyebab kematian bayi yang dilahirkan oleh pelajar (16) tersebut.

"Penyebab kematian adalah mati lemas karena adanya cekikan, kemudian tim dokter forensik juga menemukan adanya luka dalam pada bagian perut, karena masuk ke lubang kloset itu," kata Hendro kepada detikcom, Sabtu (12/1/2019).


Dengan bukti kematian tidak wajar tersebut pihaknya meyakini ibu korban sengaja menghabisi nyawa anak yang baru dilahirkan tersebut. Selanjutnya penyidik akan melakukan proses hukum terhadap perstiwa yang melibatkan pelajar itu.

Saat ini jasad bayi telah dikembalikan kepada pihak orang tua untuk dimakamkan. Sedangkan ibu bayi harus menjalani proses pemeriksaan guna mempertenggungjawabkan perbuatannya. Polisi rencananya akan menerapkan Pasal 80 Undang-Undang Perlindan Anak dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

"Ancaman menjadi 20 tahun penjara karena pelakunya adalah ibu kandung korban," jelasnya.


Sebelumnya, Kamis malam petugas medis dan warga yang ada di Puskesmas Kauman Tulungagung digegerkan oleh penemuan bayi perempuan yang tewas di dalam kloset. Bayi tersebut baru saja dilahirkan oleh seorang pelajar berusia 16 tahun.

Kejadian persalinan di dalam toilet tersebut berawal saat ibu bayi datang ke Puskesmas Kauman bersama orang tuanya dengan keluhan sakit perut dan nyeri pinggang, saat diperiksa perempuan tersebut mengaku tidak dalam kondisi hamil.

Namun saat ibu bayi ke kamar kecil untuk buang hajat justru melahirkan seorang bayi perempuan.



Simak juga video 'Pelajar Lahirkan Bayi, Lalu Dibuang di Kloset Hingga Tewas':

[Gambas:Video 20detik]


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed